Tepat Menggunakan Listrik dengan Manajemen Energi

Manajemen Energi konsepnya sederhana , Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda tidak menggunakan daya berlebihan dari yang tersedia. Daya baterai terbatas. Akhirnya akan kehabisan. Dengan meminimalkan berapa banyak lampu yang menyala , baterai dapat diperpanjang. Akhirnya, Anda akan perlu untuk mengisi ulang, baik dengan dengan menyuruh ahlinya atau dengan menjalankan generator. Menambahkan baterai ekstra dapat memperpanjang rwaktu penggunaan yang seperti dapat melakukan penambahan panel surya. Jika Anda tersambung ke daya pantai ini tidak menjadi masalah karena converter atau inverter / charger akan membuat mereka tetap dikenakan saat Anda menggunakannya.

Listrik AC sedikit berbeda dengan DC. Tidak seperti daya baterai. Anda terbatas pada kapasitas saat ini total daya tumpuan  atau kapasitas generator Anda. Generator umumnya memiliki ukuran kapasitas daya  tertentu sehingga Anda harus mampu menjalankan beban apa pun yang Anda butuhkan untuk beroperasi tanpa melebihi kapasitas generator. 

Manajemen energi merupakan suatu penerapan ilmu manajemen di bidang energi untuk meningkatkan efektifitas penggunaan energi oleh manusia maupun oleh industri. Selain itu manajemen industri juga mempelajari cara pemanfaatan suatu energi agar dapat digunakan seoptimal mungkin untuk mencapai tujuan dari perseorangan maupun kegiatan dari perusahaan / industri.
Manajemen energi dalam suatu industri sangat diperlukan sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing industri tersebut. Selain itu dengan diterapkannya manajemen energi di industri dapat meningkatkan keuntungan baik dinilai dari sektor financial maupun sektor lingkungan. Dari sektor financial dengan penerapan ilmu manajemen energi maka dengan menggunakan energi seminimal mungkin untuk memperoleh keuntungan semaksimal mungkin. Dari sektor lingkungan dengan penerapan manajemen energi dapat membantu meminimalkan pemanasan global. Dengan sedikit mengkonsumsi energi berarti mengurangi polusi panas bumi dan penggunaan air pendingin, yang intinya dapat meningkatkan kualitas lingkungan. Sebagaimana yang kita tahu bahwa, sumber utama pembakaran bahan bakar fosil atau kegiatan manusia yang berkaitan dengan penggunaan energi dapat menimbulkan pemanasan global. Jika tidak ada manajemen energi dalam suatu perusahaan /industri tidak dapat beroperasi dengan baik, cenderung merugi dan dapat merusak lingkungan sekitar.

Berbicara sistem pengolahan energi manusia harus mampu mengolah suatu energi primer menjadi bentuk energi lain tanpa harus mengorbankan energi lain, sehingga dari pengolahan tersebut dapat dihasilkan beberapa macam bentuk energi yang berdaya guna untuk manusia maupun untuk kepentingan industri. Dalam sistem pendistribusian energi juga harus dituntut dengan manajemen energi, sehingga biaya yang diperlukan sedikit/ hemat dan energi yang didistribusikan utuh sampai ke tempat tujuan.  Dalam pemanfaatan/ penggunaan energi ilmu manajemen energi dapat diterapakan supaya dalam penggunaan energi tidak berlebihan dan dapat seminimal mungkin, sehingga diperoleh keuntungan yang besar. Selain itu upaya pengelolaan energi tersebut supaya tidak mencemari/ merusak lingkungan sekitar.


Tepat Menggunakan Listrik dengan Manajemen Energi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email