Rangkaian Dengan Sensor Cahaya

Disini akan dibahas rangkain sensor cahaya dengan memanfaatkan LDR ( Light Dependent Resistor ).
Apa itu LDR ?
Seperti namanya,  Light Dependent Resistor (LDR) terbuat dari sepotong bahan semikonduktor seperti terpapar kadmium sulfida yang mengubah hambatan listrik dari beberapa ribu Ohms disaat gelap menjadi hanya beberapa ratus ohm ketika cahaya jatuh atasnya ( disaat terang ) dengan menciptakan pasangan lubang-elektron dalam materialnya.

Efeknya terhadap cahaya adalah peningkatan konduktivitas dengan penurunan resistensi untuk peningkatan penerangan. 


Nah sekarang kuta akan langsung ke contoh rangkaiannya

Dalam rangkaian sensor cahaya seperti di bawah ini LDR terpasang seri dengan Variable Resistor (VR) 20K. VR disini berfungsi untuk menyesuaikan tingkat sensitifitas rangkaian sensor tersebutselain itu sebagai penyeimbang dengan hambatan LDR yang dipakai .

Prinsip kerja rangkaian sensor cahaya ini yaitu dengan memperkuat perubahan tegangan pada rangkaian seri LDR menggunakan 2 transistor yang dirangkai dengan rangkain Darlington (lihatgambar di bawah). Hasil penguatan transistor tersebut langsung diumpankan ke Koil Relay. Relay inilah yang berfungsi sebagai saklar untuk meneruskan ke beban. Anda bisa memberikan beban berupa lampu, alarm, atau rangkaian lain yang bertegangan 12 V. 

Bagaimana jika ingin dihubungkan dengan beban yang tegangannya lebih tinggi ?
Jika anda ingin memasang beban yang bertegangan tinggi/lebih tinggi, maka anda harus memutus total pin/kaki saklar relay tersebut. Jangan ada 1 pun yang terhubung ke rangkaian. Pada intinya saklar relay tersebut bisa digunakan untuk mensaklar rangkaian/perangkat apapun. Anda tinggal mengganti dengan Relay yang sesuai.
Rangkaian Dengan Sensor Cahaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email