Prinsip Kerja Turbin Angin | Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Turbin angin menjadi salah satu pembangkit energi listrik alternatif dengan memanfaatkan kecepatan angin untuk menggerakan generator. Turbin angin beroperasi pada prinsip sederhana. Energi angin ternyata dua atau tiga bilah baling-baling sekitar rotor. Rotor terhubung ke poros utama, yang berputar generator untuk menghasilkan listrik.

Turbin angin yang dipasang pada sebuah menara untuk menangkap energi putaran angin. Pada 100 kaki (30 meter) atau lebih di atas tanah, kecepatan angin yang didapat akan lebih optimal. Turbin angin dapat digunakan untuk menghasilkan listrik untuk rumah tunggal atau bangunan, atau mereka dapat terhubung ke jaringan listrik (ditampilkan di sini) untuk distribusi listrik yang lebih luas.



Angin merupakan salah satu bentuk energi alami,. Pola aliran angin dan kecepatan sangat bervariasi. Penggunaan aliran angin ini, atau energi gerak, untuk berbagai tujuan: berlayar, terbang layang-layang, dan bahkan pembangkit listrik.

Istilah energi angin atau tenaga angin menggambarkan proses dimana angin digunakan untuk menghasilkan tenaga mesin atau listrik. Turbin angin mengubah energi kinetik angin menjadi energi mekanik. Tenaga mesin ini dapat digunakan untuk tugas-tugas tertentu (seperti menggiling biji-bijian atau memompa air) atau generator ini dapat mengkonversi daya mekanik menjadi listrik

Tipe Turbin Angin



Turbin angin modern terbagi dalam dua kelompok dasar yaitu sumbu horisontal, seperti terlihat pada gambar diatas sebelah kiri, dan desain sumbu vertikal, seperti pengocok telur ala Model Darrieus digambarkan ke kanan, dinamai penemu Perancis. Turbin angin horisontal-sumbu biasanya baik memiliki dua atau tiga bilah. Ini turbin angin tiga berbilah dioperasikan "melawan angin," dengan pisau menghadap ke angin. 
Turbin angin dapat dibangun di atas tanah atau lepas pantai di tubuh besar air seperti lautan dan danau. 
Prinsip Kerja Turbin Angin | Pembangkit Listrik Tenaga Angin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email