Prinsip Kerja Trafo Step Up dan Step Down

Sebuah transformator adalah perangkat yang mengubah (transformasi) potensial tegangan bolak balik ( AC ) dari satu nilai ke nilai lain menjadi lebih kecil atau lebih besar dengan menggunakan prinsip induksi elektromagnetik. 

Sebuah transformator terdiri dari kumparan besi lunak dengan dua kumparan luka di sekitar itu yang tidak terhubung satu sama lain. Koil ini dapat luka baik di anggota badan yang terpisah dari inti besi atau diatur di atas satu sama lain. 

Kumparan masukan disebut kumparan primer atau primer berliku. Ketika beda potensial bolak diberikan arus bolak-balik yang dihasilkan dalam kumparan primer menghasilkan medan magnet yang berubah di sekitarnya. Bidang mengubah ini menginduksi arus bolak-balik dalam kumparan sekunder. Ukuran tegangan induksi yang dihasilkan dari arus induksi dalam kumparan sekunder tergantung pada jumlah belitan dalam kumparan sekunder. 

Hubungan antara tegangan dan jumlah belitan dalam setiap gulungan dihitung menggunakan rumus sbb :


TRANSFORMATOR STEP UP

Pada transformator step-up kumparan sekunder lebih banyak dari kumparan primer. Induksi tegangan di kumparan sekunder lebih besar dari tegangan yang diberikan di kumparan primer atau dengan kata lain tegangan telah "step-up". 

TRANSFORMATOR STEP DOWN


Sebuah transformator stepkumparan sekunder lebih kecil dari belitan kumparan primer . Induksi tegangan di kumparan sekunder kurang tegangan yang diberikan di kumparan primer atau dengan kata lain tegangan "melangkah-down". 

Jika diasumsikan bahwa sebuah transformator adalah 100% efisien (dan ini adalah asumsi yang aman sebagai transformator mungkin sampai 99% efisien) maka daya pada kumparan primer harus sama dengan daya di kumparan sekunder, sesuai dengan hukum kekekalan energi. 

Kekuasaan dalam kumparan primer = daya di kumparan sekunder 
Prinsip Kerja Trafo Step Up dan Step Down Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email