Prinsip Kerja Steam Boiler

Boiler ( Ketel Uap ) pada dasarnya adalah sebuah bejana tertutup dimana air dipanaskan sampai air berubah menjadi uap pada tekanan yang dibutuhkan. Ini adalah definisi yang paling dasar boiler.

Prinsip Kerja Boiler

Prinsip kerja dari boiler sangat sangat sederhana dan mudah dimengerti. Boiler pada dasarnya adalah sebuah wadah tertutup di dalam mana air disimpan. Fuel (umumnya batubara) yang dibakar dalam tungku dan gas panas yang dihasilkan. Gas-gas panas datang dalam kontak dengan kapal air dimana panas dari gas-gas panas mentransfer ke air dan akibatnya uap diproduksi dalam boiler. Kemudian uap ini disalurkan ke turbin pembangkit listrik termal. Ada berbagai jenis boiler yang digunakan untuk tujuan yang berbeda seperti menjalankan unit produksi, sanitasi beberapa area, peralatan sterilisasi, untuk menghangatkan lingkungan dll

Efisiensi Steam Boiler


Persentase total panas yang diekspor oleh steam outlet total panas yang disuplai oleh bahan bakar (batubara) disebut efisiensi boiler steam.

itu termasuk dengan efisiensi termal, efisiensi pembakaran bahan bakar & uap efisiensi. Efisiensi steam boiler tergantung pada ukuran boiler yang digunakan. Sebuah efisiensi khas boiler steam adalah 80% sampai 88%. Sebenarnya ada beberapa kerugian terjadi seperti pembakaran tidak sempurna, memancar kerugian terjadi dari boiler steam sekitar dinding, cacat pembakaran gas dll Oleh karena itu, efisiensi boiler steam memberikan hasil ini.

Efisiensi = ( Panas yang dihasilkan oleh steam / panas yang disuplai bahan bakar ) x 100 %

Jenis Boiler 
Ada terutama dua jenis boiler  : water tube boiler dan fire tube boiler. 

Dalam fire tube boiler, ada sejumlah tabung melalui mana gas panas berlalu dan air mengelilingi tabung ini. 

water tube boiler adalah kebalikan dari boiler tabung api. Dalam tabung air boiler air dipanaskan di dalam tabung dan gas panas mengelilingi tabung ini. 
Ini adalah dua jenis utama boiler, tetapi masing-masing jenis dapat dibagi menjadi sub yang bermacam macam.

Seperti ditunjukkan dari nama, boiler tabung api terdiri dari jumlah tabung melalui mana gas panas berlalu. Ini tabung gas panas direndam ke dalam air, dalam wadah tertutup. Sebenarnya dalam api tabung boiler satu ditutup kapal atau shell berisi air, di mana tabung panas berlalu. Tabung kebakaran ini atau tabung gas panas memanas air dan mengubah air menjadi uap dan uap tetap di kapal yang sama. Seperti air dan uap keduanya berada di kapal yang sama boiler tabung api tidak dapat menghasilkan uap pada tekanan yang sangat tinggi. Secara umum dapat menghasilkan maksimum 17,5 kg/cm2 dan dengan kapasitas 9 Metric Ton uap per jam.

Jenis Fire Tube Boiler

Ada berbagai jenis fire tube boiler juga, tungku eksternal dan boiler api tungku tabung intern. 
Boiler tungku eksternal dapat lagi dikategorikan menjadi tiga jenis yang berbeda-

1) Horizontal Return Tubular Boiler.

2) Short Fire Box Boiler.

3) Compact Boiler.

Sekali lagi, fire tube boiler internal memiliki juga dua kategori utama seperti tubular horizontal dan vertikal tubular fire tube boiler.

Biasanya horizontal return fire tube boiler  digunakan dalam pembangkit listrik termal kapasitas rendah. Ini terdiri dari drum horisontal di mana ada sejumlah tabung horisontal. Tabung ini terendam dalam air. Bahan bakar (biasanya batubara) terbakar di bawah ini gendang horisontal dan gas mudah terbakar pindah ke belakang dari mana mereka masuk ke dalam tabung api dan perjalanan ke arah depan ke dalam kotak asap. Selamagas dalam tabungmentransfer panas ke dalam air dan gelembung uap muncul. Sehingga akan diproduksi uap.

Keuntungan Fire Tube Boiler

1) Hal ini sangat kompak dalam konstruksi. 

2) Fluktuasi permintaan steam dapat dipenuhi dengan mudah. 

3) Hal ini juga cukup murah.
Prinsip Kerja Steam Boiler Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email