Prinsip Kerja Dioda Daya dan Rectifier

DIODA DAYA

Dioda semikonduktor daya, dikenal sebagai Power Diode ( Dioda Daya), memiliki jauh lebih besar  daerah PN junction dibandingkan dengan sinyal dioda  yang lebih kecil, sehingga kemampuan arus maju tinggi hingga beberapa ratus amp (KA) dan memblokir tegangan balik sampai untuk beberapa ribu volt (KV). 

Karena kekuatan dioda memiliki PN junction besar, tidak cocok untuk aplikasi frekuensi tinggi di atas 1MHz, tapi khusus dan frekuensi tinggi, dioda arus tinggi yang tersedia. Untuk aplikasi penyearah frekuensi tinggi Dioda Schottky umumnya digunakan karena waktu pemulihan mereka singkat terbalik dan drop tegangan rendah dalam kondisi bias maju mereka. 

Dioda daya banyak digunakan dalam aplikasi seperti pengisian baterai dan catu daya DC serta AC rectifier dan inverter. Karena karakteristik arus dan tegangan tinggi mereka mereka juga dapat digunakan sebagai dioda pemurah dan jaringan snubber.

Dioda daya dirancang untuk memiliki maju "ON" resistensi dari fraksi sebuah Ohm sedangkan sebaliknya mereka memblokir resistance berada di kisaran mega-ohm. 
Jika tegangan bolak diterapkan di dioda daya, selama setengah siklus positif dioda akan melakukan passing saat ini dan selama setengah siklus negatif dioda tidak akan melakukan menghalangi aliran arus. Kemudian konduksi melalui kekuatan dioda hanya terjadi selama setengah siklus positif dan karena itu searah di DC seperti yang ditunjukkan.


Dioda daya dapat digunakan secara individual seperti di atas atau terhubung bersama-sama untuk menghasilkan berbagai penyearah sirkuit seperti "Half-Wave", "Full-Wave" atau sebagai "Bridge Rectifier". Setiap jenis rangkaian penyearah dapat digolongkan sebagai baik tidak terkendali, setengah-dikendalikan atau dikontrol sepenuhnya adalah sebuah penyearah terkendali hanya menggunakan daya dioda, penyearah terkontrol sepenuhnya menggunakan thyristor (SCR) dan setengah penyearah terkontrol adalah campuran dari kedua dioda dan thyristor. 

Yang paling umum digunakan daya dioda individual untuk aplikasi elektronik dasar adalah tujuan umum 1N400X Seri Glass Jenis pasif meluruskan dioda dengan penilaian standar maju terus menerus diperbaiki saat ini 1,0 amp dan reverse memblokir peringkat tegangan dari 50V untuk 1N4001 untuk 1000V untuk 1N4007, dengan 1N4007GP kecil yang paling populer untuk tujuan umum induk tegangan perbaikan.

PERBAIKAN SETENGAH GELOMBANG


Selama masing-masing "positif" setengah siklus dari gelombang sinus AC, dioda bias maju sebagai anoda positif sehubungan dengan katoda menghasilkan arus yang mengalir melalui dioda. 

Karena beban DC resistif (resistor, R), arus yang mengalir pada resistor beban karena itu sebanding dengan tegangan (Hukum Ohm), dan tegangan di resistor beban karena itu akan menjadi sama dengan tegangan suplai, Vs (minus Vf), yaitu "DC" tegangan beban sinusoidal untuk setengah siklus pertama hanya jadi Vout = Vs.

Selama masing-masing "negatif" setengah siklus dari gelombang input sinusoidal AC, dioda terbalik bias sebagai anoda negatif terhadap katoda. Oleh karena itu, tidak ada arus mengalir melalui dioda atau sirkuit. Kemudian pada setengah siklus negatif dari pasokan, tidak ada arus yang mengalir di resistor beban karena tidak ada tegangan muncul di atasnya sehingga oleh karena itu, Vout = 0. 

Arus di sisi DC rangkaian mengalir dalam satu arah saja membuat sirkuit Searah. Sebagai resistor beban menerima dari dioda setengah positif dari bentuk gelombang, nol volt, setengah positif dari bentuk gelombang, nol volt, dll, nilai tegangan tidak stabil ini akan menjadi sama nilainya dengan sebuah tegangan DC setara dengan 0,318 x Vmax input gelombang sinusoidal atau 0,45 x Vrms dari gelombang input sinusoidal. 

Prinsip Kerja Dioda Daya dan Rectifier Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email