Mengenal OPC Server

Apa itu OPC ?
Ole for Proces Control
OPC adalah serangkaian spesifikasi standar. Standarisasi pertama(awalnya disebut hanya Spesifikasi OPC dan sekarang disebut Data Access Spesification) dihasilkan dari kolaborasi dari sejumlah pemasok terkemuka otomasi di seluruh dunia bekerja sama dengan Microsoft. Awalnya didasarkan pada Microsoft OLE COM (komponen objek model) dan DCOM (komponen objek model terdistribusi) teknologi, spesifikasi didefinisikan satu set standar objek, interface dan metode untuk digunakan dalam pengendalian proses dan aplikasi otomasi manufaktur untuk memfasilitasi interoperabilitas. COM / DCOM teknologi menyediakan kerangka untuk produk perangkat lunak untuk dikembangkan. Sekarang ada ratusan server OPC Data Access dan klien tersedia.


Sekarang produsen perangkat industri 'bisa membuild Server OPC DA dan perangkat lunak (seperti Human Machine Interface HMI) bisa menjadi OPC Kliennya. 


Manfaat untuk pemasok perangkat lunak adalah kemampuan untuk mengurangi pengeluaran mereka untuk konektivitas dan fokus mereka pada fitur inti dari perangkat lunak. Untuk pengguna, manfaat adalah fleksibilitas. Mereka tidak perlu membuat dan membayar untuk antarmuka kustom. Produk antarmuka OPC dibangun sekali dan digunakan kembali berkali-kali, karena itu, mereka menjalani kontrol kualitas yang berkelanjutan dan perbaikan.

siklus proyek pengguna yang lebih pendek dengan menggunakan komponen perangkat lunak standar. Dan biaya mereka keluarkan lebih rendah. Manfaat ini adalah nyata dan berwujud. Karena standar OPC didasarkan pada gilirannya pada standar industri komputer, keandalan teknis terjamin.


Spesifikasi asli standar akuisisi data proses. Hal ini dengan cepat menyadari bahwa berkomunikasi jenis data dapat mengambil manfaat dari standardisasi. Standar Alarm & Events, Historical Data, dan data Batch diluncurkan.

Spesifikasi OPC saat ini  antara lain:

1. OPC Data Access
Digunakan untuk memindahkan data real-time dari PLC, DCS, dan perangkat kontrol lainnya ke HMI dan klien display lainnya. Data Access 3 akan dirilis. Ini memanfaatkan versi sebelumnya sambil meningkatkan kemampuan browsing dan menggabungkan XML-DA Schema.

2. OPC Alarms & Events
Menyediakan alarm dan event pemberitahuan on demand (berbeda dengan aliran data kontinu Data Access). Ini termasuk alarm proses, tindakan operator, pesan informasi, dan pesan pelacakan / audit.

3. OPC Data eXchange
Spesifikasi ini membawa kita dari client / server ke server-server dengan komunikasi melalui jaringan fieldbus Ethernet. Ini menyediakan interoperabilitas multi-vendor! Dan menambahkan konfigurasi jauh, diagnostik dan layanan monitoring / manajemen.

4. OPC Historical Data Access
Dimana OPC Data Access menyediakan akses ke real-time, terus-menerus mengubah data, OPC Historical Data Access menyediakan akses ke data yang telah tersimpan. Dari sistem data serial logging sederhana untuk sistem SCADA yang kompleks, arsip sejarah dapat diambil dengan cara seragam.

5. OPC Security
Semua server OPC memberikan informasi yang berharga bagi perusahaan dan jika diperbarui tidak benar, bisa memiliki konsekuensi yang signifikan untuk proses tanaman. OPC Keamanan menentukan bagaimana mengontrol akses klien ke server ini untuk melindungi informasi yang sensitif ini dan untuk menjaga terhadap modifikasi yang tidak sah dari parameter proses.

6. OPC XML-DA
Menyediakan fleksibel, aturan dan format yang konsisten untuk mengungkap data yang lantai pabrik menggunakan XML, memanfaatkan kerja yang dilakukan oleh Microsoft dan lain-lain pada SOAP dan Web Services.

7. OPC Complex Data
Sebuah pendamping spesifikasi untuk Akses Data dan XML-DA yang memungkinkan server untuk mengekspos dan menjelaskan tipe data yang lebih rumit seperti struktur biner dan dokumen XML.

8. OPC Commands
Sebuah Kelompok Kerja telah dibentuk untuk mengembangkan satu set baru antarmuka yang memungkinkan OPC klien dan server untuk mengidentifikasi, mengirim dan memantau perintah kontrol yang dijalankan pada perangkat.

Mengenal OPC Server Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email