Membuat Rangkaian Relay Untuk Dihubungkan dengan Mikrokontroller

Relay adalah perangkat elektromekanis yang menggunakan elektromagnet untuk mengoperasikan sepasang kontak bergerak dari posisi terbuka untuk posisi tertutup. Keuntungan relay adalah bahwa hal itu membutuhkan jumlah yang relatif kecil dari kekuatan untuk mengoperasikan kumparan relay, tapi relay itu sendiri dapat digunakan untuk mengontrol motor, pemanas, lampu atau AC sirkuit yang sendiri dapat menarik listrik lebih banyak listrik.

Relay Elektro-mekanis adalah perangkat output (actuator) yang datang dalam berbagai macam bentuk, ukuran dan desain, dan memiliki banyak kegunaan dan aplikasi dalam sirkuit elektronik. Tapi sementara relay listrik dapat digunakan untuk memungkinkan daya rendah jenis elektronik atau komputer sirkuit untuk beralih arus relatif tinggi dan tegangan baik "ON" atau "OFF", beberapa bentuk relay switch sirkuit diperlukan untuk mengontrolnya.

Desain dan jenis relay sirkuit switching besar, tapi banyak proyek elektronik kecil menggunakan transistor dan MOSFET sebagai perangkat switching utama mereka sebagai transistor dapat memberikan cepat beralih DC (ON-OFF) kontrol kumparan relay dari berbagai sumber masukan sehingga di sini adalah kumpulan kecil dari beberapa cara yang lebih umum relay switching.

Rangkaian NPN Relay Switch

Sebuah relay switch sirkuit khas memiliki kumparan didorong oleh NPN transistor switch, TR1 seperti yang ditunjukkan tergantung pada tingkat tegangan input. Ketika tegangan Basis dari transistor adalah nol (atau negatif), transistor cut-off dan bertindak sebagai saklar terbuka. Dalam kondisi ini tidak Kolektor arus dan kumparan relay adalah de-energized karena menjadi perangkat saat ini, jika tidak ada arus mengalir ke Basis, maka tidak ada arus akan mengalir melalui kumparan relay. 

Jika arus yang cukup positif yang besar sekarang didorong ke Base untuk menjenuhkan transistor NPN, arus yang mengalir dari Base ke emitor (B E) mengontrol lebih besar kumparan relay arus yang mengalir melalui transistor dari kolektor ke emitor.



Perhatikan bahwa kumparan relay tidak hanya elektromagnet tetapi juga sebuah induktor. Bila daya yang diterapkan pada kumparan karena aksi switching transistor, arus maksimum akan mengalir sebagai hasil dari resistansi DC dari kumparan seperti yang didefinisikan oleh Ohm Hukum, (I = V / R). Beberapa energi listrik ini disimpan dalam medan magnet kumparan relay. 

Ketika transistor switch "OFF", arus yang mengalir melalui penurunan kumparan relay dan medan magnet habis. Namun energi yang tersimpan dalam medan magnet harus pergi beberapa tempat dan tegangan reverse dikembangkan di kumparan seperti mencoba untuk menjaga arus dalam kumparan relay. Tindakan ini menghasilkan tegangan tinggi lonjakan di kumparan relay yang dapat merusak transistor.

Jadi untuk mencegah kerusakan pada transistor semikonduktor, sebuah "roda gila dioda", juga dikenal sebagai dioda freewheeling, yang terhubung di kumparan relay. Dioda roda gila ini klem tegangan balik di kumparan menjadi sekitar 0,7 V menghamburkan energi yang tersimpan dan melindungi transistor switching. Dioda Flywheel hanya berlaku ketika pasokan adalah tegangan DC terpolarisasi. Sebuah coil AC membutuhkan metode perlindungan yang berbeda, dan untuk ini digunakan rangkaian snubber RC .

Rangkaian NPN Darlington Relay Switch

Sebelumnya NPN transistor relay switch sirkuit sangat ideal untuk beralih beban kecil seperti LED dan miniatur relay. Tapi kadang-kadang diperlukan untuk beralih kumparan relay besar atau arus di luar jangkauan BC109 tujuan umum transistor dan ini dapat dicapai dengan menggunakan Darlington Transistor. 

Sensitivitas dan gain arus dari rangkaian relay switch dapat sangat meningkat dengan menggunakan pasangan Darlington transistor di tempat switching transistor tunggal. Pasangan Darlington Transistor dapat dibuat dari dua terhubung secara individual Bipolar Transistor seperti yang ditunjukkan atau tersedia sebagai salah satu perangkat tunggal dengan standar: Base, emitor dan kolektor yang menghubungkan lead. 

Kedua transistor NPN terhubung seperti yang ditunjukkan sehingga arus kolektor dari transistor pertama, TR1 menjadi arus Basis dari kedua transistor TR2. Penerapan basis arus positif TR1 otomatis berubah "ON" transistor switching, TR2.

Berikut gambar rangkaian Relay NPN Darlington


jika dua transistor individu dikonfigurasi sebagai switching pasangan Darlington, maka resistor nilai kecil (100 sampai 1.000 Ω s) biasanya ditempatkan di antara Base dan Emitter dari transistor switching utama, TR2 untuk memastikan bahwa ternyata sepenuhnya OFF. Lagi dioda roda gila digunakan untuk melindungi TR2 dari emf kembali dihasilkan ketika kumparan relay adalah de-energized.
Membuat Rangkaian Relay Untuk Dihubungkan dengan Mikrokontroller Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email