Jenis Jenis Sistem Elektronik

Sistem elektronik beroperasi pada sinyal baik waktu kontinu (CT) atau diskrit-waktu sinyal (DT). Sebuah sistem waktu kontinu adalah  di mana sinyal input didefinisikan sepanjang kontinum waktu, seperti sinyal analog yang "terus" dari waktu ke waktu menghasilkan sinyal waktu kontinu. 

Tapi sinyal kontinu-waktu juga dapat bervariasi dalam besarnya atau periodik di alam dengan periode waktu T. Akibatnya, sistem elektronik terus-waktu cenderung sistem analog murni menghasilkan operasi linier dengan sinyal input maupun output mereka dirujuk lebih periode waktu tertentu.

contoh, suhu ruangan dapat digolongkan sebagai sinyal waktu kontinu yang dapat diukur antara dua nilai atau set poin, misalnya dari dingin ke panas atau dari Senin sampai Jumat. Kita bisa mewakili sinyal waktu kontinu dengan menggunakan variabel independen untuk waktu t, dan di mana x (t) merupakan sinyal input dan y (t) merupakan sinyal output selama periode waktu t.

Secara umum, sebagian besar sinyal hadir dalam dunia fisik yang dapat kita gunakan cenderung sinyal waktu kontinu. Misalnya, tegangan, arus, suhu, tekanan, kecepatan, dll 


Di sisi lain, sistem waktu diskrit adalah satu di mana sinyal input tidak kontinu tetapi urutan atau serangkaian nilai-nilai sinyal didefinisikan dalam "discrete" titik waktu. Hal ini menghasilkan waktu diskrit keluaran umumnya diwakili sebagai urutan nilai atau angka.

Umumnya sinyal diskrit ditentukan hanya pada interval diskrit, nilai-nilai atau poin sama spasi dalam waktu. Jadi misalnya, suhu ruangan yang diukur pada 13:00, di 14:00, pada 03:00 dan lagi pada 04:00 tanpa salam untuk suhu kamar sebenarnya di antara titik-titik ini di katakan, 01:30 atau 02:45.


Namun, sinyal waktu kontinu, x (t) dapat direpresentasikan sebagai satu set diskrit sinyal hanya pada interval diskrit atau "momen dalam waktu". Sinyal diskrit tidak diukur terhadap waktu, tetapi diplot pada interval waktu diskrit, di mana n adalah interval sampling. Akibatnya sinyal diskrit-waktu biasanya dinotasikan sebagai x (n) mewakili masukan dan y (n) mewakili output.

Lalu kita dapat mewakili sinyal input dan output dari sistem sebagai x dan y masing-masing dengan tanda-tanda, atau sinyal sendiri yang diwakili oleh variabel, t, yang biasanya merupakan waktu untuk sistem kontinyu dan variabel n, yang merupakan nilai integer untuk sistem diskrit seperti yang ditunjukkan.

Time untuk sinyal kontinyu dan sinyal diskrit

Jenis Jenis Sistem Elektronik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email