Cara Merawat Komputer / Laptop agar Awet

Sobat, kali ini saya akan share tentang cara maintenance komputer / laptop agar awet dan performanya tetap bagus.

Merawat  komputer melibatkan tiga hal :
1. menjaga secara fisik bersih, 
2. melindunginya dari malware, 
3. memback up file file penting Anda.

1. Menjaga Fisik Komputer Anda Agar Tetap Bersih

Ketika berhadapan dengan komputer, debu tidak hanya menarik-dapat berpotensi merusak bagian-bagian dari komputer Anda. Dengan membersihkan komputer Anda secara berkala, dapat membantu agar komputer anda tetap bekerja dengan baik dan menghindari perbaikan yang bisa memakan biaya yang mahal.

Membersihkan Keyboard

Keyboard yang kotor dan berdebu terlihat tidak bagus dan dapat menyebabkan keyboard  tidak bekerja dengan baik. Debu, makanan, cairan, dan partikel lainnya bisa terjebak di bawah tombol, yang dapat mengakibatkan kinerja tombol menjadi tidak optimal. Berikut adalah tips dasar membersihkan keyboard agar tetap bersih :
Jika menggunakan PC Dekstop
1. Cabut keyboard dari USB atau PS / 2 port. Jika keyboard dicolokkan ke port PS / 2, Anda akan perlu untuk mematikan komputer sebelum mencabut. 
2. putar keyboard terbalik,gerakan perlahan lahan agar untuk menghilangkan debu. 
3. Gunakan udara terkompresi untuk membersihkan sela-sela tombol. 
4. Basahi kapas kain atau handuk kertas dengan alkohol, dan menggunakannya untuk membersihkan bagian atas tombol. Jangan menuangkan alkohol (atau cairan lainnya) langsung ke tombol. 
5. Hubungkan kembali keyboard ke komputer setelah kering. Jika Anda menghubungkannya ke port PS / 2, Anda akan perlu untuk menghubungkan sebelum menyalakan komputer.

Membersihkan Monitor
Kotoran, sidik jari, dan debu bisa membuat layar komputer Anda sulit untuk membaca; Namun, sangat mudah untuk membersihkan layar Anda bila diperlukan. Metode paling aman adalah dengan menggunakan kain bersih yang lembut yang dibasahi dengan air. Jangan gunakan pembersih kaca untuk membersihkan monitor. Banyak layar memiliki lapisan anti-silau yang dapat rusak oleh pembersih kaca.

1. Matikan komputer. 
2. Cabut steker monitor dari kekuasaan. Jika Anda menggunakan laptop, cabut laptop. 
3. Gunakan kain bersih yang lembut yang dibasahi dengan air untuk menyeka bersih layar.

Tips untuk membersihkan permukaan komputer lainnya 

Dari waktu ke waktu, Anda harus membersihkan casing komputer Anda dan sisi dan belakang monitor untuk menghindari penumpukan debu dan kotoran. 

Jangan membatasi aliran udara di sekitar komputer Anda. Sebuah komputer dapat menghasilkan banyak panas, jadi casing memiliki penggemar yang menjaga dari overheating. Hindari penumpukan kertas, buku, atau barang-barang lain di sekitar komputer Anda. 

Banyak meja komputer memiliki kompartemen tertutup untuk kasus komputer. Jika Anda memiliki jenis meja, Anda mungkin ingin posisi kasus ini sehingga tidak bertentangan dengan sisi belakang meja. Jika kompartemen memiliki pintu, Anda mungkin ingin membiarkannya terbuka untuk meningkatkan aliran udara.

2. Amankan Komputer dari Malware

Malware adalah jenis perangkat lunak yang dirancang untuk merusak komputer Anda atau mendapatkan akses tidak sah ke informasi pribadi Anda. Ini termasuk virus, worm, trojan horse, spyware, dan jenis lainnya. Sebagian besar malware didistribusikan melalui Internet, sering digabungkan dengan perangkat lunak lain. 

Cara terbaik untuk menjaga terhadap malware adalah untuk menginstal perangkat lunak antivirus seperti BitDefender, Norton, Kaspersky, Avast, dsb. Pastikan anda memilih antivirus yang berpredikat baik. Perangkat lunak antivirus membantu untuk mencegah malware dari yang diinstal, dan juga dapat menghapus malware dari komputer Anda. Malware baru sedang dibuat sepanjang waktu, jadi penting untuk memperbarui perangkat lunak antivirus Anda sering. Kebanyakan program antivirus dapat melakukan ini secara otomatis, tetapi Anda akan perlu memastikan bahwa fitur ini diaktifkan.

Ini juga penting untuk tetap cerdas ketika Anda sedang browsing Web atau menggunakan email. Jika sebuah situs web atau lampiran email terlihat mencurigakan, percaya naluri Anda. Perlu diingat bahwa program antivirus Anda mungkin tidak menangkap segalanya, jadi yang terbaik untuk menghindari download apapun yang mungkin mengandung malware.

3. Backup File File Penting di Komputer Anda

Bayangkan apa yang akan terjadi jika komputer Anda tiba-tiba berhenti bekerja. Apakah Anda kehilangan dokumen penting, foto, atau file lainnya? Dimungkinkan untuk memperbaiki komputer Anda, tetapi file Anda mungkin akan hilang selamanya. Untungnya, Anda dapat mencegah hal ini dengan membuat salinan cadangan dari semua file Anda (atau hanya yang penting) pada hard drive eksternal atau layanan backup online.

Backup dengan Hardisk Eksternal

Anda dapat membeli hard drive eksternal dan menyalin isi dari komputer Anda untuk itu. Cadangan awal bisa memakan waktu beberapa jam, sehingga Anda akan perlu untuk memilih periode waktu ketika Anda tidak memerlukan akses ke komputer Anda. Menjalankan backup semalam biasanya bekerja paling baik. Tindak lanjut backup harus dilakukan secara teratur, tetapi tidak akan memakan waktu lama karena drive hanya akan perlu untuk menyalin file terbaru Anda. 

Selain dengan backup hardisk eksternal anda bisa backup dengan CD / DVD, lalu simpanlah di tempat yang aman. Atau jika anda inginkan bisa backup di pemyimpana online seperti google drive, microsoft dll, pastikan penyedia penyimpanan online tersebut terpercaya.
Cara Merawat Komputer / Laptop agar Awet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email