Cara Menghubungkan Rangkaian LED ke sumber 220V AC

Sobat biasanya anda menghubungkan LED dengan sumber DC 3 V, bagaimana caranya ya agar LED bisa dihubungkan ke sumber listrik AC 220V ? saya dulu juga tidak percaya saya pikir LED akan meleduk, tapi setelah saya coba ternyata berhasil LED tetep nyala dengan baik.

Rangkaian LED ini dapat langsung dinyalakan dari sumber tegangan dari PLN 1fasa. Biasanya untuk cara pemasangan LED sendiri adaberbagai macam rangkaian. Nah langsung saja berikut rangkaiannya :


Pada Gambar rangkaian diatas,  semua komponen terpasang asecara seri dan paralel. Cara seperti ini difungsikan untuk menyerap semua aliran dari sumber tegangan PLN sebesar AC 220 Volt baik gelombang positif dan negatif merata ke semua komponen yang tersebar didalam rangkaian tersebut.

Komponen yang perlu disiapkan :
R1 : 220 ohm / 1Watt
R2 : 1 M
R3 : 220 ohm / 1 Watt
C1 : 0,47uF / 250V (MKP) type X2
C2 : 2,2uF / 400V *
D1, D2, D3, D4 : 1N4007 *
LED : 24 pcs LED.

Rangkaian LED 220V yseperti pada gambar rangkaian diatas, akan menyala secara bergantian sesuai dengan aliran tegangan yang masuk ke rangkaian tersebut. Pada rangkaian LED ini tidak digunakan dioda atau trafo penyearah. Dan lampu LED tersebut menggunakanLED berwarna putih ( dalam hal ini anda bisa menyesuaikan sesuai warna keinginan anda)  dengan disusun secara paralel yang disesuaikan dengan arus atau arah aliran listrik yang berkebalikan. Dan setiap satu set rangkaian LED yang disusun secara paralel, kemudian dilanjutkan disusun secara seri antara rangkaian LED yang satu dengan rangkaian LED yang lain.

Disaat tegangan input masuk, rangkaian satu LED ini akan menyala bergantian sesuaidengan  arus dari aliran tersebut. Dan konfigurasi ini bertujuan untuk memberikan tingkat efisiensi kepada rangkaian tersebut. Setelah merangkai lampu LED ini, fitting lampu bisa menggunakan fitting bekas lampu CFL ( Compact Flourescent Lamp ) atau bisa lampu hemat energi yang sudah tidak digunakan. Dan ketika rangkaian LED 220V di sambungkan ke sumber tegangan, jangan memegang rangkaian tersebut.

!!! Berhati hatilah dalam membuat rangkaian ini karena terhubung ke sumber AC 220 V
Cara Menghubungkan Rangkaian LED ke sumber 220V AC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email