TIPS MEMULAI BISNIS BARU | MENJADI WIRAUSAHA

Dear Sobat INFOKITABERSAMA,
Kali ini kita akan berbicara tentang bisnis, Bagaimana caranya memulai usaha baru? hal hal apa saja yang harus dipersiapkan.?

Hal yang pertama anda perlu Busines Plan, yang diantaranya berisi :
1. Memilih nama dan logo usaha / bisnis anda
2. Memilih Lokasi Usaha
3. Membeli perlengkapan
4. Pemenuhan terhadap mesin dan alat alat produksi
5. Perekrutan pegawai
6. melakukan training untuk persiapan dan ujicoba
7. Memproduksi alat alat promosi
8. Pilihan legalitas usaha, formal atau non formal
9. Peresmian
10. Proses tambahan

1. PEMILIHAN NAMA DAN PEMBUATAN LOGO

Nama dan logo usaha anda memiliki karakter yang akan menunjang dalam kerberhasilan bisnis anda. 
Berikut beberapa tips  dalam pemilihan nama dan logo :
> Pilihlah nama yang mudah diingat, sesuai dengan bisnis anda
> Perhatikan juga apakah nama yang akan anda buat sudah dimiliki oleh pihak lain / sangat umum, hal ini akan berdampak pada branding bisnis anda.
> Buatlah logo sesuai dengan cita rasa anda sebagai owner, buatlah agar logo tersebut mengandung suatu cita cita cita.
> Citrakanlah nama dan logo anda ke masyarakat melalui story keliling, iklan dsb

2. MEMILIH LOKASI USAHA

Dalam memilih tempat usaha maka pertimbangkan sesuai jenis bisnis dan pangsa pasar yang sesuai .

> Jika usaha anda tidak pernah didatangi pelanggan, maka operasional bisa dilakukan dari rumah saja. Untuk alamat anda bisa menyewa alamat usaha misalnya di tempat teman anda dsb,

> Jika anda harus selalu berada di lokasi terntentu, cari emungkinan anda bisa menyewa dengan harga miring seperti lantai 2 di suatu ruko.

> Jika usaha anda harus di lantai 1, carilah kemungkinan bisa melakukan profit sharing dengan pemilik tempat.

3. MEMBELI PERLENGKAPAN

> Jika memungkinkan beli perlengkapan perlengkapan second. Ada banyak tempat yang menjual meja kursi peralatan kantor bekas. jika hal ini tidak masalah maka ini bisa menghemat modal anda.
> Lakukanlah renovasi kecil, lakukan pengecetan agar kantor tampak menarik dan nyaman

4. Pemenuhan Terhadap Mesin dan Alat Alat Produksi

Bagian ini bisa saja merupakan bagian yang tidak mudah, apalagi jika bisnis anda mensyaratkan mesin mesin tertentu untuk produksi, seperti mesin jahit, mesin sablon, dll. Namun demikian yang perlu diingat adalah periksalah sebaik baiknya usaha dan keahlian anda berkisar pada produksinya atau kretifitasnya ?

Sebagai contoh ada pengusaha muda yang bisnisnya adalah memproduksi kaos pesanan dari nama nama hebat bermerek yang anda jumpai di mall mall papan atas. Anda cukup melakukan suplai bahan baku, mengawasi proses penjahitan, dan pencetakan desain serta penyortiran. ini merupakan  contoh bisnis outsourcing.

> Jika bisa dikerjakan secara outsorcing ( contoh fotokopi, cetak banner ) tidak usah sewa apalagi beli. kuatkan pada sisi marketing.
> Cari kemungkinan anda bisa melakukan cicilan lunak dengan uang muka yang rendah jika anda harus membeli. pelajari kontraknya.
Kelak saat bisnis anda memiliki ruang finansial untuk " bermain " saat itu anda dipersilahkan mempertimbangkan untuk membeli sendiri mesin mesin itu. Itupun dengan membandingkan tingkat efisiensi jikalau anda cukup outsourcingkan pekerjaannya.

5. Merekrut Pegawai

Hal ini merupakan bagian yang cukup krusial karena anda harus memilih orang orang yang akan menggerakan usaha anda. Anda boleh membeli mesin mahal tapi ingatlah operatornya tetap seorang manusia biasa.

Pilihlah pegawai yang tepat, jujur, bertanggung jawab.
3 Kategori pegawai :
>  Pegawai Frontliner / bagian produksi.
>  Pegawai Marketing / sales
> Manajemen

6. Melakukan Training Persiapan dan Ujicoba

> Ada atau tidak ada pegawai anda harus melakukan ujicoba. Jika bisnis anda adalah rumah makan, undanglah teman dan keluarga dekat untuk mencoba. mintalah pendapat dan saran dari orang orang tsb.
> Jika anda memiliki pegawai latihlah mereka mengerjaka tugas yang baik dalam keadaan ramai.
> Lakukan pencatatan waktu dan kendala yang dialami untuk didiskusikan dengan mereka, mungkin mereka punya ususlan yang bisa dipertimbangkan.

7. Memproduksi Alat Alat Promosi

Meski usaha baru sangat memerlukan promosi, banyak pengusaha yang membuat promosi sekadarnya saja, asal ada dan cukup memberi informasi.

> Jika logo anda sudah final, maka langkah selanjutnya membuat kop surat dan amplop jika perlu, Stempel, brosul ( jika perlu ), display dan reklame lighting yang menarik jika usaha anda adlaah retail atau rumah makan.
> Kemasan dan alat penunjang, seperti tas plastik.

8. Pilihan Legalitas Usaha

Untuk tahap awal , prinsipnya anda harus menekan fixed cost sebanyak mungkin, apalagi sekadar untuk pembuatan formalitas seperti ini. Anda bisa mengunggu untuk membuat usaha anda didaftarkan secara resmi, sampai anda cukup mampu mengelola cash flow dengan nyaman. Terlebih jika usaha anda tidak sering berhubungan dengan perusahaan secara formal. Bahkan jika anda selalu ikut tender di perusahaan perusahaan besar sekalipun.

> Untuk tahap awal, lakukan secara non formal karena akan menghemat biaya set up.
> Jika anda khawatir logo / brand anda dijiplak orang lain, daftarkanlah ke departmen kehakiman, anda bisa melakukannya  sendiri, hal ini akan lebih hemat jika dibandingkan dengan melalui notaris.

9. Peresmian

Banyak pemula usaha yang menyalah artikan peresmian usaha dengan pembukaan yang glamor dan mewah sehingga melupakan  sisi penting doa bersama dan sisi marketing yang dihasilkan. Sementara itu adapula yang melupakan peresmian karena beranggapan bahwa peresmian usaha adalah boros biaya dan hanya buang buang uang. Akhirnya financial planning andalah yang menentukan seberapa besar budget anda untuk peresmian.

> Peresmian tempat usaha menjadi sebuah hal penting karena anda mengundang teman dan kerabat yang akan membantu anda memasarkan usaha anda.
> Peresmian dengan tumpengan sederhana dan doa bersama sudah cukup.
> Undang juga tetangga sekitar tempat anda buka usaha, agar usaha anda dikenal, didukung dan didoakan oleh orang orang sekitar anda.
> Sebarkan voucher dan kupon diskon agar mereka bisa menggunakannya sendiri / memberikannya kepada ornag lain untuk mencoba usaha anda.
> Jika anda memilih produksi brosur, titipkan brosur dalam jumlah tertentu kepada tamu undangan dan minta bantuan mereka untuk menyebarkannya kepada para kenalan. Hal ini efektif karena mereka pasti memuji usaha anda.

10. Proses Tambahan
Dalam proses tambahan perlu diperhatikan contohnya adalah promosikan usaha anda melalui Website, media social online dsb, buatlah seragam yang meberikan identitas bisnis anda agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Sumber : Modul Kewiwausahaan,Karya :  Renald Kasali, dkk


TIPS MEMULAI BISNIS BARU | MENJADI WIRAUSAHA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email