MEMBUAT AMPLIFIER HEADPHONE 1,5 VOLT

Dear sobat, kali ini saya akan berbagi mengenai pembuatan rangkaian amplifier untuk headphone / headsed dengan catu daya 1,5 Volt

Sirkuit ini menstabilkan tegangan diam di seluruh pembicara pada tingkat yang tepat agar mendapatkan volume maksimum yang tersedia yang diinginkan dengan tegangan baterai yang rendah. ini akan menghemat masa pakai batere anda dibandingkan dengan hanya menghubungkan resistor sederhana antara basis dan kolektor dari transistor output. Amplifier ini menggunakan Jenis Kelas A, jenis amplifier yang dapat Anda gunakan untuk tegangan rendah dengan komponen  sederhana. Penguat kelas A memiliki efisiensi maksimum 50% untuk penggunaan batere. Menstabilkan arus diam ke secara minimum . Juga, untuk meminimalkan kemungkinan merusak earphone, arus DC yang mengalirpun diminimalkan.

Disini mengatur tegangan diam di speaker ke 370mV.  Kualitas suara yang cukup baik. dan pantas untuk daya 1,5V yang mampu menghemat masa pakai kurang lebih sebesar 2x lipat jika menggunakan tegangan 3 V.  Hal ini juga memungkinkan penggunaan baterai yang lebih kecil.

Lakukan penyesuaian nilai R10 untuk mengatur tegangan diam yang diinginkan di seluruh speaker ( s ) . Untuk maksimum stabilitas , Q3 , Q4 dan Q5 temperatur antara masing masing transistor harus sama atau mendekati, untuk itu tambahkan headsink . Impedansi input dari rangkaian tersebut adalah kurang lebih sama dengan R4 ( 1K dalam kasus ini ) tanpa penyangga sirkuit ( Q1 ) dan sekitar 50K dengan rangkaian penyangga dan kontrol volume. Jika sirkuit Anda dapat mendorong beban impedansi penguat sendiri Anda dapat meninggalkan sirkuit penyangga  di depan R4 . Dalam pengujian , didapatkan gain dengan beban 16 ohm ( headset ) dengan satu set pot di 3.1K sebagai R4 . Dengan satu earphone ( 32 ohm ) , gain didirikan dengan 7.8K sebagai R4 . Rangkaian tidak terpengaruh oleh tegangan baterai sampai menutup pada sekitar 0,8 volt ( 32 ohm load) dan sekitar 0,85 volt pada 16 ohm beban . Catatan : Anda dapat meningkatkan keuntungan dan / atau masukan impedansi , mungkin menghilangkan sirkuit penyangga ( Q1 ) dengan mengganti Q6 dengan BC337 a .

Jika Anda menghapus Q4 dan Q5 dan komponen terkait, sirkuit akan kehilangan 0,55 volt di speaker (s). Jika Anda membutuhkan tegangan yang lebih tinggi diam, menghubungkan resistor di C6. Dalam rangkaian yang ditunjukkan di sini gain diukur pada sekitar 3 dengan beban 16 ohm. Keuntungan dari rangkaian diatur oleh R4 dan perubahan terutama dengan beta dari transistor digunakan sebagai Q6. Tegangan baterai (dalam batas-batas) memiliki pengaruh yang kecil karena Q1 adalah pengikut emitor dan arus melalui Q6 stabil.

Nah, berikut gambar rangkaiannya,


Agar lebih jelas silahkan klik gambar tersebut / simpan di komputer lalu buka dengan image viewer untuk diperbesar.

Semoga Bermanfaat



MEMBUAT AMPLIFIER HEADPHONE 1,5 VOLT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email