KOMPONEN UTAMA PADA KOMPUTER

Dalam era modern seperti saat ini komputer menjadi bagian penting dalam berbagai pekerjaan sehari sehari, baik di sekolahan, dikantor, dll. Disini kita akan belajar mengenai Komponen Utama Dalam Sistem Komputer.

Komponen Utama Dalam Komputer sendiri adalah :
> Hardware
> Software
> Brainware 

Hardware merupakan perangkat keras, software merupakan perangkat lunak, dan brainware merupakan penggunanya.

Namun, jika kita berbicara Sistem Komputer maka yang akan dibahas adalah hardware dan software. 

Sebuah sistem komputer terdiri dari hardware dan informasi yang tersimpan di perangkat keras. Informasi yang tersimpan di perangkat keras komputer sering disebut software .

Hardware komponen dari sistem komputer adalah bagian elektronik dan mekanik.
Software komponen dari sistem komputer adalah data dan program komputer.

Komponen hardware utama sistem komputer adalah:

> Processor
> Main memory
> Memori sekunder
> Perangkat input
> Perangkat output

Untuk komputer desktop biasa, prosesor, memori utama, memori sekunder, power supply, dan perangkat keras pendukung disimpan dalam casing. Banyak komponen yang terhubung ke papan sirkuit utama dari komputer, yang disebut motherboard . power supply memberikan pasokan listrik untuk sebagian besar komponen. Berbagai perangkat input (seperti keyboard) dan perangkat output (seperti monitor) terpasang melalui konektor.




Istilah masukan dan keluaran mengatakan jika data yang mengalir ke atau dari komputer. Gambar menunjukkan komponen perangkat keras utama dari sebuah sistem komputer. Panah menunjukkan arah aliran data.

Sebuah bus adalah sekelompok kabel pada papan sirkuit utama dari komputer. Ini adalah jalur untuk data yang mengalir antar komponen. Kebanyakan perangkat yang terhubung ke bus melalui kontroler yang mengkoordinasikan kegiatan perangkat dengan bus.

MEMORI KOMPUTER

Prosesor melakukan semua perhitungan fundamental dari sistem komputer. Komponen lainnya berkontribusi terhadap perhitungan dengan melakukan hal-hal seperti menyimpan data atau memindahkan data ke dalam dan keluar dari prosesor. Namun prosesor ini di mana tindakan mendasar terjadi.

Sebuah chip prosesor memiliki relatif sedikit memori. Ini memiliki hanya cukup memori untuk menyimpan beberapa instruksi program dan data yang mereka proses. Program lengkap dan set data yang diadakan di memori eksternal untuk prosesor. Memori ini adalah dua jenis dasar: memori utama, dan memori sekunder.

Memori utama kadang-kadang disebut stabil karena kehilangan informasi ketika kekuasaan akan dihapus. Memori sekunder biasanya tidak mudah menguap karena mempertahankan informasi ketika kekuasaan akan dihapus. (Namun, perlu daya ketika informasi disimpan ke dalam memori atau diambil dari itu.)

INPUT DAN OUTPUT DEVICES

Perangkat input dan output memungkinkan sistem komputer untuk berinteraksi dengan dunia luar dengan memindahkan data ke dalam dan keluar dari sistem. Sebuah perangkat input yang digunakan untuk membawa data ke dalam sistem. Beberapa perangkat input adalah:

> Keyboard
> Mouse
> Mikropon
> Bar code reader
> Tablet grafis


Sebuah perangkat output yang digunakan untuk mengirim data keluar dari sistem. Beberapa perangkat output:

> Monitor
> Pencetak
> Pembicara


Sebuah antarmuka jaringan bertindak sebagai input maupun output. Arus Data dari jaringan ke dalam komputer, dan keluar dari komputer ke jaringan.

SISTEM EMBEDED ( SISTEM TERTANAM )

Sebuah sistem komputer yang merupakan bagian dari mesin yang lebih besar dan yang mengontrol bagaimana mesin yang beroperasi adalah sebuah sistem embedded . Biasanya prosesor terus-menerus menjalankan program kendali tunggal yang permanen disimpan dalam ROM (Read Only Memory).

Mayoritas dari chip prosesor yang digunakan dalam embedded system. Hanya 0,2% dari chip prosesor yang digunakan dalam komputer desktop akrab!

Sebuah sistem embedded khas adalah ponsel. Hal ini jelas, tetapi ada banyak kurang jelas embedded system. Mobil Anda berisi puluhan prosesor, dan bahkan lebih dalam sistem audio. Misalnya, setiap airbag dikendalikan oleh chip komputer sendiri.

SOFTWARE

Perangkat lunak komputer terdiri dari kedua program dan data yang . Program terdiri dari instruksi untuk prosesor. Data dapat informasi bahwa program membutuhkan: data karakter, data numerik, data gambar, data audio, dan banyak jenis lainnya. Perbedaan antara program dan data tidak begitu jelas seperti yang Anda bayangkan, namun.

Ide mendasar: Kedua program dan data disimpan dalam memori komputer dengan cara yang sama. Elektronik memori komputer (baik memori utama dan memori sekunder) tidak membeda-bedakan program dan data.

Wawasan yang kedua program dan data dapat disimpan dengan menggunakan metode elektronik yang sama merupakan konsep penting dalam ilmu komputer. Sistem komputer menggunakan memori baik untuk program atau data, sesuai kebutuhan.

SISTEM OPERASI KOMPUTER

Sebuah sistem operasi adalah program yang kompleks yang membuat komponen hardware dan software dari sistem komputer terkoordinasi dan berfungsi. Hal ini seperti pemilik toko kecil, yang membuat segala sesuatu dalam rangka dengan memperhatikan pelanggan, menerima pengiriman, kaus rak, melakukan pembukuan, dan sebagainya. Pemilik toko harus segera hadir untuk tugas-tugas yang muncul. Tanpa penjaga toko toko tidak bisa berfungsi.

Kebanyakan sistem komputer berpotensi dapat menjalankan beberapa sistem operasi. Misalnya, kebanyakan komputer berbasis Pentium dapat menjalankan Linux atau sistem operasi Windows. Biasanya hanya satu sistem operasi diinstal pada sistem komputer, meskipun beberapa komputer memiliki beberapa. Dalam kasus apapun, hanya satu sistem operasi pada suatu waktu dapat di kontrol dari sistem komputer. Pengguna komputer membuat pilihan saat komputer dihidupkan, dan bahwa sistem operasi tetap memegang kendali sampai komputer dimatikan.
KOMPONEN UTAMA PADA KOMPUTER Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email