PENGERTIAN DAN PRINSIP KERJA MESIN FRAIS

Sobat, kali ini saya sedikit berbagi mengenai mesin frais, mari kita simak..

Apa itu Mesin Frais ?
Mesin frais merupakan mesin penggilingan, salah satu mesin yang dapat melakukan pengirisan konvensional datar, sisi lurus, alur miring dan bahkan pembuatan gigi. Alat mesin bekerja atau menyelesaikan benda kerja dengan menggunakan pisaumilling (cutter) sebagai pemotong pahat yang berputar pada sumbu mesin.

Prinsip Kerja Mesin Frais


Pengerjaan yang terjadi di mesin penggilingan horisontal. Benda kerja dijepit dalam mesin catok atau peralatan khusus / dijepit di meja mesin penggilingan. Mesin penggilingan vertikal akan bekerja. Dan meja benda bergerak naik dan turun dari poros. Mesin penggilingan vertikal untuk menghasilkan permukaan horizontal.

Jenis Jenis mesin Frais

Berdasarkan spindelnya dibedakan dengan:

1. Mesin penggilingan vertikal, mesin penggilingan dengan poros utama sebagai pemain dengan pemegang alat pemotong dalam posisi tegak.

2. Mesin penggilingan horisontal, mesin penggilingan yang spindle terutama sebagai pemain dan pemegang pahat dalam posisi horizontal.


3. Mesin universal, sebuah mesin yang pada dasarnya merupakan kombinasi dari mesin penggilingan horisontal dan mesin penggilingan dapat melakukan pekerjaan vertikal.mesin wajah pengefraisan, datar, spiral, roda gigi, pengeboran dan reamer dan membuat luar alur dan alur. Untuk melaksanakan mesin penggilingan kerja dilengkapi dengan peralatan mudah dipindahkan, diganti namanya dan pindah. Peralatan tambahan seperti tabel etrsebut siku (tabel sudut tetap), memiringkan meja (table inclinable universal), turntable (meja rotery) dan kepala spindle tegak (kepala spindel vertikal).

Bagian Bagian / Komponen dalam mesin Frais

1. Poros

2. Tabel

3. Lutut


Berbagai Jenis Pisau Frais


PENGERTIAN DAN PRINSIP KERJA MESIN FRAIS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email