TEORI DASAR PULSA MODULASI | Telekomunikasi

Sobat kali ini kita akan belajar mengenai dasar dasar dalam sistem Telekomunikasi, pembahasan pertama disini yaitu tentang pulsa modulasi. Namun disini akan diposting dalam beberapa post karena banyaknya materi, berikut yang akan dibahas :


1. Sampling, yang merupakan dasar untuk semua bentuk pulsa modulasi .
2. Pulsa Modulasi Amplitufo, yang merupakan bentuk pulsa modulasi paling sederhana.
3. Kuantisasi (Quantization), apabila dikombinasikan dengan sampling memungkinkan representasi dari             sinyal analog dalam bentuk discrete di kedua amplitudo dan waktunya.
4. Pulse Code Modulation, yang merupakan metode standar untuk transmisi sinyal pesan analog dengan           cara digital.
5. Time Division Multiplexing, yang menyediakan sarana untuk membagi waktu dengan chanel umum oleh          sejumlah pengguna dengan cara modulasi pulsa.
6. Digital Multiplexer, yang menggabungkan banyak slow bit stream ( aliran bit lambat ) ke dalam single            faster stream ( aliran tunggal yang lebih cepat).
7. Prediksi Linier, yang menjadi dasar untuk pengkodean sinyal pesan analog pada tingkat bit berkurang           seperti dalam diferensial kode pulsa modulasi.
8. MPEG 1/ Audio coding standard, yang transparan, dengan sistem kompresi lossless perseptual.


MODULASI KONTINYU

Didalam Continues Waves ( CW ) modulasi, beberapa parameter gelombang pembawa sinusoidal bervariasi terus menerus sesuai dengan sinyal pesan yang dikirimkan. Dalam pulsa mpdulasi beberapa parameter dari deretan pulsa yang bervariasi sesuai dengan sinyal pesan yang dikirimkan. Kita dapat membedakan dua jenis pulsa modulasi : Modulasi Analog dan Modulasi Digital. 

Dalam modulasi analog, deretan pulsa periodik digunakan sebagai gelombang pembawa, dan beberapa karakteristik dari fitur setiap pulsa ( seperti amplitudo, waktu, atau posisi) bervariasi secara terus menerus sesuai dengan nilai sampel yang dari sinyal pesan. Sehingga dalam modulasi analog, Informasi ditransmisikan pada dasarnya dalam bentuk analog, tetapi transmisi berlangsung secara diskrit. 

Dalam modulasi digital, di sisi lain, sinyal pesan direpresentasikan dalam bentuk diskrit dalam waktu dan amplitudo, sehingga memungkinkan transmisi dalam bentuk digital menjadi urutan kode pulsa, bentuk transmisi sinyal tidak memiliki hubungan dengan CW. Penggunaan kode pulsa untuk transmisi sinyal informasi-bantalan analog merupakan bahan dasar dalam penerapan komunikasi digital. 

Sekian dulu postingan kali ini , silahkan pelajari postingan selanjutnya tentang PROSES SAMPLING

TEORI DASAR PULSA MODULASI | Telekomunikasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email