PROSES SAMPLING DALAM MODULASI SINYAL

Setelah anda mempelajari tentang dasar dari TEKNIK MODULASI di  postingan seelumnya sekarang kita akan belajar mengenai PROSES SAMPLING dalam pulsa modulasi.

Proses pengambilan sampel biasanya digambarkan dalam domain waktu. 
Hal ini merupakan sebuah operasi yang menjadi dasar untuk pemrosesan sinyal digital dan telekomunikasi digital. Melalui penggunaan proses sampling, sinyal analog diubah menjadi urutan yang sesuai sampel yang biasanya jaraknya seragam dalam waktu. Jelas, untuk prosedur tersebut memiliki kegunaan praktis, kita memilih sampling rate dengan benar, sehingga urutan sampel unik mendefinisikan sinyal analog yang asli. Hal ini merupakan teori sampling.

Pertimbangkan sinyal  acak g(t) dengan energi yang terbatas, yang ditentukan untuk semua waktu. Sebuah segmen sinyal g(t) ditunjukkan pada gambar 3.1a. Misalkan kita mempunyai sampel sinyal sinyal g(t) dan pada tingkat yang seragam, sekali setiap detik Ts. Akibatnya, kita mendapatkan urutan yang tak terbatas sampel dalam waktu Ts detik terpisah dan dilambangkan dengan {g(nTs)}, di mana n mengambil semua nilai integer yang mungkin. kita sebut T, sebagai periode sampling, dan timbal balik fs=1/T. Dalam rate sampling yang sama. bentuk ideal ini periode sampling disebut sampling sesaat. 


Perhatikan gambar proses sampling berikut ;




Hubungan seperti yang diturunkan di sini, berlaku untuk setiap waktu kontinu sinyal g (t) energi terbatas dan durasi yang terbatas. Bagaimanapun, bahwa g sinyal (t) adalah band limited , dengan tidak ada komponen frekuensi yang lebih tinggi daripada W Hertz. 

karena banyak rumus dan simbol simbol maka saya attach dalam bentuk gambar, silahkan klik untuk melihat gambar secara lebih jelas.

Oleh karena itu, jika nilai sampel g (n/2W) sinyal g (t) yang ditentukan untuk semua n, maka transformasi fourier  G (f) dari sinyal ditentukan secara unik dengan menggunakan  waktu  discrete fourier transform dari persamaan (3.7) . Karena g (t) berkaitan dengan G (f) dengan invers transformasi Fourier, 

Sekarang kita dapat menyatakan teorema sampling untuk  strictly band limited energi terbatas dalam dua bagian yang setara, yang berlaku untuk pemancar dan penerima sistem modulasi pulsa, masing-masing: 

1. Sebuah sinyal pita-terbatas energi yang terbatas, yang tidak memiliki komponen frekuensi yang lebih tinggi daripada W Hertz, benar-benar digambarkan dengan menentukan nilai dari sinyal pada instants waktu dipisahkan oleh 1/2W detik. 

2. Sebuah sinyal pita-terbatas energi yang terbatas, yang tidak memiliki komponen frekuensi yang lebih tinggi daripada W Hertz, mungkin benar-benar pulih dari pengetahuan sampel yang diambil sebesar 2W sampel per detik.
PROSES SAMPLING DALAM MODULASI SINYAL Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email