PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER | INFORMATIKA

Apa itu jaringan komputer ?

Definisi paling sederhana dari jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang dapat berkomunikasi dengan satu sama lain dan berbagi sumber daya. Sebuah jaringan komputer merupakan sekumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan sekelompok perangkat tersebut untuk berkomunikasi dan memberikan pengguna dengan akses ke sumber daya bersama seperti data, file, program, dan operasi.

Setiap perangkat di dalam sebuah jaringan, disebut node. Agar komunikasi berlangsung, Anda memerlukan perangkat lunak, sistem operasi jaringan (contoh : Mikrotik ) dan sarana komunikasi antar komputer jaringan, media. Media dapat fisik seperti kabel khusus atau berbagai bentuk media nirkabel seperti transmisi radio atau sinyal inframerah.

Protokol dalam jaringan Komputer

Protokol Jaringan adalah bahasa elektronik khusus yang memungkinkan komputer  untuk berkomunikasi dalam suatu jaringan. Berbagai jenis komputer, menggunakan sistem operasi yang berbeda, dapat berkomunikasi satu sama lain, dan dapat saling berbagi informasi selama mereka mengikuti protokol jaringan yang digunakan.

Sebuah protokol adalah seperangkat protokol yang terkait yang berasal dari satu pengembang atau sumber.

Gateway adalah perangkat lunak atau perangkat keras, atau kombinasi dari keduanya, yang menghubungkan berbagai jenis jaringan, menerjemahkan yang diperlukan antara keduanya.

Sebuah jaringan area lokal (LAN) adalah kumpulan komputer kabel bersama-sama untuk membentuk jaringan di daerah geografis yang kecil, biasanya dalam satu gedung.

wide area network (WAN) yang menghubungkan komputer jarak jauh bersama-sama menggunakan jalur akses publik seperti internet.

Sebuah kartu antarmuka jaringan (NIC) merupakan komponen komputer yang memungkinkan dua komputer untuk mengirim dan menerima data melalui media jaringan.

Sistem Klient-Server

Dalam model jaringan, sistem client server yang paling umum digunakan, setidaknya terdapat  satu server terpusat yang mengelola sumber daya bersama dan keamanan bagi pengguna jaringan lain dan komputer. Koneksi jaringan hanya dibuat ketika informasi perlu diakses oleh pengguna. Kurangnya koneksi jaringan terus menerus memberikan efisiensi jaringan.

Klien meminta jasa atau informasi dari komputer server. Server merespon permintaan klien dengan mengirimkan hasil permintaan kembali ke komputer klien.

Keamanan dan izin dapat dikelola oleh administrator untuk dapat mengakses jaringan. Model ini memungkinkan untuk layanan backup yang nyaman, mengurangi lalu lintas jaringan dan menyediakan sejumlah layanan lain yang datang dengan sistem operasi jaringan.
PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER | INFORMATIKA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email