Pengertian Intranet dalam Jaringan Komputer

Apa itu Intranet ?
Intranet merupakan koneksi jaringan komputer pribadi dalam sebuah organisasi. Sebuah intranet menggunakan teknologi jaringan sebagai alat untuk memfasilitasi komunikasi antara orang-orang atau kelompok-kelompok kerja untuk meningkatkan kemampuan berbagi data dan basis pengetahuan keseluruhan karyawan organisasi.

Intranet menggunakan standar perangkat keras jaringan dan perangkat lunak teknologi seperti Ethernet , Wi-Fi , TCP / IP , browser Web dan server Web. Intranet organisasi biasanya meliputi akses internet tetapi firewall sehingga komputer yang tidak dapat dicapai langsung dari luar.

Sebuah intranet berisi jaringan komputer yang menggunakan Internet Protocol teknologi untuk berbagi informasi, sistem operasional, atau layanan komputasi dalam sebuah organisasi. Istilah ini digunakan berbeda dengan extranet , jaringan antara organisasi, dan bukannya mengacu ke jaringan dalam sebuah organisasi. Kadang-kadang, istilah ini mengacu hanya untuk internal organisasi situs web , tetapi mungkin bagian yang lebih luas dari infrastruktur teknologi informasi organisasi, dan dapat terdiri dari beberapa jaringan area lokal . Tujuannya adalah untuk mengatur desktop yang masing-masing individu dengan biaya minimal, waktu dan usaha untuk menjadi lebih produktif, biaya yang efisien, tepat waktu, dan kompetitif.

Sebuah intranet dapat host beberapa situs Web pribadi dan merupakan komponen penting dan titik fokus dari komunikasi internal dan kolaborasi. Salah satu protokol internet terkenal dapat ditemukan di intranet, seperti HTTP (layanan web), SMTP (e-mail), dan FTP (file transfer protocol). Teknologi internet yang sering digunakan untuk menyediakan interface modern untuk sistem warisan hosting informasi data perusahaan.

Di banyak organisasi, intranet dilindungi dari akses eksternal yang tidak sah melalui jaringan gerbang dan firewall . Untuk perusahaan kecil, intranet dapat dibuat hanya dengan menggunakan alamat IP pribadi rentang. Dalam kasus ini, intranet hanya dapat langsung diakses dari komputer di jaringan lokal, namun, perusahaan dapat memberikan akses kepada karyawan off-site dengan menggunakan jaringan pribadi virtual , atau dengan metode akses lainnya, memerlukan pengguna otentikasi dan enkripsi .
Pengertian Intranet dalam Jaringan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email