Pengertian Firewall dalam Jaringan Komputer

Apa itu Firewall ?

Firewall adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mencegah akses / tindakan tidak sah ke atau dari orang luar yang tidak diijinkan masuk dalam jaringan . Firewall dapat diimplementasikan di  hardware dan software , atau kombinasi keduanya. Firewall sering digunakan untuk mencegah tindakan tidak sah di jaringan Internet  dari mengakses jaringan pribadi yang terhubung ke Internet, khususnya intranet . Semua pesan yang masuk atau meninggalkan intranet melewati firewall, yang memeriksa setiap pesan dan blok mereka yang tidak memenuhi ditentukan keamanan kriteria.

Awalnya, sebuah firewall adalah dinding yang dibangun untuk menghentikan (atau memperlambat) penyebaran dari api . Dalam hal komputer keamanan , sebuah firewall adalah bagian dari perangkat lunak . Perangkat lunak ini memonitor lalu lintas jaringan. Firewall memiliki seperangkat aturan yang diterapkan untuk masing-masing paket. Aturan memutuskan apakah sebuah paket bisa lewat, atau apakah itu akan dibuang. Biasanya firewall ditempatkan di antara jaringan yang dipercaya, dan salah satu yang kurang terpercaya. Ketika jaringan besar perlu dilindungi, perangkat lunak firewall sering berjalan pada hardware khusus, yang tidak ada yang lain.



Firewall dapat berupa perangkat keras atau perangkat lunak namun konfigurasi firewall yang ideal akan terdiri dari keduanya. Selain membatasi akses ke komputer Anda dan jaringan, firewall juga berguna untuk memungkinkan akses remote ke jaringan swasta melalui sertifikat otentikasi aman dan login.

Hardware firewall dapat dibeli sebagai produk yang berdiri sendiri tetapi juga biasanya ditemukan di router broadband, dan harus dianggap sebagai bagian penting dari sistem Anda dan jaringan set-up. Kebanyakan firewall hardware akan memiliki minimal empat port jaringan untuk menghubungkan komputer lain, tetapi untuk jaringan yang lebih besar, solusi firewall jaringan bisnis yang tersedia. Software firewall yang diinstal pada komputer Anda (seperti software apapun) dan Anda dapat menyesuaikannya, memungkinkan Anda beberapa kontrol atas fungsi dan perlindungan fitur-fiturnya. Sebuah firewall software akan melindungi komputer Anda dari upaya luar untuk mengendalikan atau mendapatkan akses komputer Anda.
Pengertian Firewall dalam Jaringan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email