FASE PADA LISTRIK AC

berbicara listrik AC kita akan mengenal yang namanya fase tidak seperti listrik DC yang searah. Pada dasarnya pasokan listrik AC dibagi menjadi 2 jenis yaitu satu phasa dan tiga phasa. Sirkuit AC satu fasa mempunyai dua buah kawat yang dihubungkan dengan sumber listrik. Tidak seperti pada listrik DC yang arah arus listrik nya tidak berubah, maka dalam listrik AC arah arus berubah berkali-kali tiap detiknya yang tergantung pada frekuensi sumber nya. Listrik 220 volt (V) yang dipasok ke rumah kita merupakan listrik AC satu fase yang mepunyai 2 kawat utama yaitu fasa dan netral.

Sistim 3 fase memiliki 3 bentuk gelombang  yaitu 2/3 p radian (120 derajat, 1/3 siklus) untuk waktu tertentu.

Perhatikan gambar sistem AC 3 Fasa berikut


Gambar diatas menunjukan sistem satu siklus tiga fase, dari 0 sampai 360 derajat (2 p radian), sepanjang aksis waktu. Garis yang diplotkan menunjukan keragaman tegangan sesaat (atau arus) dalam waktu. Siklus ini akan terulang 50 atau 60 kali per detiknya ( jika frekuensi sumbernya 50Hz), tergantung pada frekuensi sistem dayanya. Warna garis menyatakan kode pewarnaan Amerika untuk sistem tiga fase: hitam =VL1, merah=VL2 dan biru=VL3.

Sistem pasokan tiga fase selanjutnya dinyatakan oleh hubungan bintang dan delta seperti ditunjukkan dalam kedua gambar dibawah ini :




berbicara Sistem Tenaga Listrik berikut tabel tabel rumus yang banyak digunakan dalam kelistrikan



FASE PADA LISTRIK AC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email