Etika dalam Berbisnis | Enterpreneur

Sobat, bebapa waktu lalu saya mendapatkan tugas dalam mata kuliah Kewirausahaan agar bermanfaat kali ini saya ingin sedikit share tentang ETIKA BISNIS,

Apa itu Etika Bisnis ?
Dalam berwirausaha, apapun juga bisnis yang ditekuni, ingatlah bahwa usaha yang langgeng adalah usaha yang menjunjung nilai nilai etika. Berbagia studi menemukan perusahaan perusahaan yang tumbuh menjadi besar bukanlah perusahaan yang diawali oleh manajer manajer hebat yang digaji mahal atau dibangun oleh pendiri yang luar biasa. Juga bukan spirit kewirausahaan yang gila gilaan dengan keberanian yang luar biasa. Demikian juga bukan modal kuat / kecerdasan para pendirinya.

Perusahaan perusahaan yang tumbuh menjadi besar justru dimulai dari orang orang biasa yang sedari awal memegang teguh nilai nilai moral dan etika.  Mereka menjaga kepercayaan dan tidak smebarangan dalam berkata kata, apalagi dalam bertindak. Mereka bekerja dengan tata nilai yang sehat.

Apa yang dimaksud Etika ?
Beberapa sumber menyatakan bahwa etika sebagai suatu pedoman untuk mendapatkan hidup yang bernilai atau bermartabat, sehingga etika memebrikan petunjuk tindakan tindakan  apa yang benar dan apa yang salah.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisnis dapat dilakukan dengan etis yaitu :
1. Berperilaku jujur dalam menjalankan aktivitas bisnis
Hal ini meliputi seluruh aspek dalam menjalankan usaha. Misalnya dalam aspek produksi, berperilaku jujur berarti kita harus menghasilkan produk yang sesuai standar kualitas, aman dikonsumsi orang lain, dan memenuhi ketentuan yang dieprsyaratkan oleh hukum maupun pembeli. Jujur berarti terbuka menyebutkan segala kekurangan dan bahaya yang timbul dari produk anda. Jujur dalam produksi, memasarkan, dan membayar pajak.

2. Menaati tata nilai.
Dalam melakukan aktifitas bisnis, ada tata nilai yang tidak tertulis berlaku universal dan harus kita jalankan. Misalnya nilai sama sama untung, saling menghormati, memberi tahu, mencegah kerugian pihak lain, melayani, adil, santun, dst

3. Walk The Talk
Bermakna konsisten antara apa yang dilakukan dengan apa yang diucapkan. Hal ini berarti sebagai seorang wirausaha, anda perlu bekerja keras untuk menjadi contoh dalam menjalankan hal hal positif yang anda ucapkan. Dalam menjalankan aktifitas usaha hal hal tersebut akan menjadi patokan dalam tindakan keseharian maupun keputusan keputusan yang dibuatnya.


Keberadaan kita ditentukan oleh adanya orang lain, maka janganlah melakukan sesuatu pada orang lain atas apa yang kita sendiri tidak senang menerimanya. Misalnya anda tidak senang tertipu maka jangan melakukan penipuan pada orang lain.

Bekerjalah dengan tata nilai. Bangunlah nilai nilai dan terapkan dalam hidup anda, dalam usaha yang anda bangun. Janganlah melakukan sesuatu pada orang lain hal yang anda sendiri tidak ingin mengalaminya.

Tips menjalankan bisnis yang beretika
• Jangan masuk ke dalam bisnis yang tidak riil, apalagi yang menjanjikan kekayaan dalam waktu cepat. Hindari membaca buku yang menjanjikan cara cepat, instan dan memotong kompas.
• Yakinkan dan ucapkan terus dalam diri anda bahwa anda mampu bekerja keras dan kerja keras selalu berakhir baik
• Berbisnislah dnegan nilai nilai kejujuran, keadilan, keterbukaan, win win, melayani, dan tanamkan nilai nilai itu di usaha yang anda bangun.
• Jangan tergoda untuk cepat berhasil. Ingat semua itu ada waktunya.
• Rekrutlah karyawan yang jujur dan jalankan apa yang anda ucapkan.


Etika dalam Berbisnis | Enterpreneur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email