Cara Kerja Mesin Diesel | Teknik Mesin

Dalam kehidupan sehari hari kita pasti sering menggunakan sepeda motor, angkutan umum, mobil, dll nah angkutan angkutan tersebut banyak yang menggunakan mesin diesel. Bagaimana sih mesin diesel itu bekerja ? Mari kita bahas bersama ..

 Prinsip kerja mesin diesel yaitu dengan mengubah energi kimia menjadi energi mekanis . Energi kimia di dapatkan dari proses pembakaran  bahan bakar yang digunakan (bensin, solar, dll) dan oksidiser (udara) yang ada  dalam ruang bakar silinder tersebut . Dalam mesin diesel, terdapat ruangan yang telah didesain khusus agar disitu dapat terjadi peningkatan suhu sehingga tercapai titik nyala yang sanggup membakar bahan bakar. Ruangan ini “dimampatkan” rapat sehingga memiliki tekanan dan suhu yang cukup tinggi.


Yuk kita pelajari Proses Kerjanya 


Proses kerja mesin diesel dijelaskan secara sederhana adalah seperti berikutt;


 Bahan bakar (bensin, solar) yang sudah dicampur udara dihembuskan ke dalam ruangan yang sudah “dimampatkan” tersebut dalam hal ini ruang bakar. Suhu yang tinggi tersebut membakar bahan bakar yang telah disemprotkan/dihembuskan ke ruang bakar sehingga mengakibatkan terjadinya penyalaan dalam ruang bakar dan menghasilkan ledakan yang mampu mendorong piston yang selanjutnya akan menggerakkan poros-poros roda pada kendaraan ataupun mesin mesin lain ( kimia --> Mekanik --> Putar). Kekuatan untuk mendorong piston ini, secara sederhana kita sebut saja dengan “power”. Kejadian ini berulang-ulang dalam waktu yangs sangat cepat dan power yang muncul itu dimanfaatkan untuk menggerakkan mobil, generator listrik, dan mesin , alat berat, dan sebagainya.


Untuk meningkatkan kemampuan mesin diesel, biasanya ditambahkan komponen :
> Turbocharger atau supercharger digunakan untuk memperbanyak volume udara yang masuk kedalam ruang bakar karena udara yang masuk ruang bakar didorong oleh turbin pada turbo/supercharger.

> Intercooler berfungsi untuk mendinginkan udara yang akan masukke dalam ruang bakar. Udara yang panas volumenya akan mengembang begitu juga sebaliknya, maka dengan didinginkan bertujuan supaya udara yang menempati ruang bakar menjadi lebih banyak.

Cara Kerja Mesin Diesel | Teknik Mesin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email