Cara Kerja Kulkas dan Freezer | Mesin Pendingin

Kulkas atau Lemari Es merupakan peraltan yang banyak digunakan dirumah tangga untuk menyimpan, menddinginkan dan menjaga bahan makanan agar tetap awet dan segar. Begitu pula freezer, digunakan untuk membekuan air biasanya digunakan untuk membuat es batu ice cream, dll. Banyak kulkas di pasaran yang didalamnya sudah terdapat freezer.

Mari kita pelajari cara kerjanya, namun sebelumnya kita perlu ketahui dulu bagian bagian dari kulkas dan freezer :

1. Kompresor, merupakan bagian terpenting di dalam kulkas . KOmpresor disini berfungsi memompa bahan pendingin / refrigerant ke seluruh bagian kulkas.

2. Kondensor, merupakan alat pembuang panas untuk mengubah wujud gas bahan pendingin pada suhu dan tekanan tinggi menjadi wujud cair.

3. Filter , berfungsi untuk menyaring kotoran yang mungkin terbawa masuk melalui aliran pendingin setelah proses sirkulasi sebelum masuk ke evaporator.

4. Evaporator, berfungsi menyerap panas dari benda yang dimasukkan ke dalam kulkas dan mendinginkannya di evaporator ini refrgerant bertekanan tinggi mengalir .

5. Thermostat, berfungsi mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan batasan suhu pada tiap yang telah diatur.

9. Bahan Pendingin (Refrigerant), adalah zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupun sebaliknya.

Cara Kerja Kulkas dijelaskan sbb :

Cara kerja lemari es pada dasarnya masih berhubungan erat dengan prinsip perpindahan panas. Sistem kerja kulkas berawal dari bagian kompresor yang berfungsi sebagai penggerak tuas yang memompa refrigerant. Motor kompresor akan segera berputar dan memberi tekanan pada semua bahan pendingin jika telah dialiri oleh listrik. Bahan pendingin yang masih berwujud gas apabila diberi tekanan akan menjadi gas yang bertekanan tinggi.

Dengan wujud sedemikian itu,  akan mebuat refrigerant mengalir menuju ke kondensor. setelah itu akan disaring oleh bagian filet. Setelah mencapai titik kondensasi, gas pendingin akan mengembun dan akan kembali menjadi bentuk cair, Refrigerant cair yang bertekanan tinggi ini akan terdorong dan mengalir menuju pipa kapiler. sehingga refrigerant akan segera naik ke evaporator dikarenakan tekanan kapilaritas yangdari pipa kapiler.

Saat berada di dalam evaporator, refrigerant cair segera menguap dan wujudnya akan berubah kembali menjadi gas yang memiliki tekanan dan suhu yang rendah. selanjutnya,  udara yang berada di sekitar evaporator akan memiliki suhu rendah dan akhirnya terkondensasi menjadi bentuk cair. Pada kondisi yang berulang akan memungkinkan udara tersebut akan membeku dan akan menjadi butiran-butiran es. Dari evaporator yang dingin tersebut maka akan mendinginkan bahan makanan dalam kulkas.

prinsip kerja Freezer pada dasarnya  sama dengan kulkas hanya saja di bagian dalam lemari es freezer dikepung / dikelilingi evaporator sehingga tingkat pendinginnnya lebih tinggi dari kulkas dan mampu membekukan air atau bahan makanan.
Cara Kerja Kulkas dan Freezer | Mesin Pendingin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email