Rangkaian Lampu LED Untuk Aquarium

Selamat datang sobat blog INFOKITABERSAMA, postingan kali ini masih membahas mengenai rangkaian elektronika sederhana yang digunakan untuk menerangi aquarium anda sekligus bisa menjadi hiasan yang indah untuk aquarium anda.


Bagi anda pecinta ikan hias, ataupun yang mempunyai aquarium dirumah pasti akan memberikan suasana tersendiri apabila melihat ikan ikan anda didalam aquarium yang indah dengan hiasan Lampu LED. berikut rangkaiannya, sederhana, dan mudah anda buat.

oh iya rangkaian ini dilengkapi dengan LDR agar bisa hidup dan mati secara otomatis. Jika siang hari mati jika malam hari nyala ( disaat gelap )


Cara Mencetak PCB

Untuk membuatnya anda bisa secara manual menggunakan PCB yang sudah ada lubangnya, atau dengan mencetak PCB dan dilarutkan dengan larutan Feri CLoride.

Untuk Desainnya anda bisa membuat nya di program komputer dengan software software elektronika seperti Proteus, Diptrace, PCB wizzar, Eaggle dsb..



Rangkaian LED untuk penerangan sekaligus hiasan Aquarium ini menggunakan LDR sebagai sensor cahaya untuk agar bisa hidup dan mati secara otomatis. Selama siang hari LDR memiliki resistansi yang sangat rendah sehingga IC1 tetap stand by. Di malam hari, LDR mendapatkan tahanan tinggi dan reset pin 12 dari IC1 menjadi rendah. Ini mengaktifkan IC1. CD4060 adalah counter biner dengan sepuluh output. Output dari IC menjadi salah satu tinggi per satu berdasarkan frekuensi penghitungan yang  ditentukan oleh C1, R1 andR2.


Dalam rangkaian ini, rangkaian LED terhubung ke kolektor switching transistor T1 melalui T3. Ketika IC pemicu mulai berosilasi dan output Q6 menyala setelah 5 menit dan terus menyala selama lima menit untuk menyalakan LED Biru. Setelah 10 menit output Q7  menjadi tinggi dan LED dan hijau Hidup.lampu itu tetap hidup selama 10 menit. Setelah  setengah waktu, LED biru juga menyala. Hal ini memberikan campuran warna biru dan hijau selama 5 menit. Setelah 20 menit output Q9 menjadi aktif serta LED putih hidup. Rangkaian ini hidup selama 20 menit. Selama periode ini, Biru-Putih, kombinasi warna Hijau-Putih dan Biru-Hijau-Putih berkembang. Hal ini memberikan efek tampilan warna yang cantik dengan latar belakang dari  Aquarium anda.

Selamat Mencoba
Rangkaian Lampu LED Untuk Aquarium Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email