Rangkaian Elektronika Sensor Ultrasonik

Halo sobat, postingan kali ini kita akan sama sama belajar tentang sensor ultrasonik, disini akan diberikan contoh rangkaian sensor ultrasonik menggunakan HCSR04 yang dikontrol oleh sistem minimum mikrokontroller, disini saya menggunakan arduino, anda juga bisa menggunkaan mikrokontroller jenis lain seperti ATMEGA8, ATMEGA328, dll


Seperti apa sensor ultrasonik ?
Sensor ultrasonik merupakan sensor yang bekerja berdasarkan prinsip pantulan  gelombang suara ultrasonik yang banyak digunakan untuk mendeteksi apakah ada suatu objek tertentu di depannya, bekerja dengan frekuensi  diatas gelombang suara dari 20 KHz sampai 400 KHz ( ya karena gelombang ultrasonic )


Bagian Bagian dalam Sensor Ultrasonik

Sebuah sensor ultrasonik tersusun dari rangkaian pemancar ultrasonik yang disebut unit transmitter (Tx) dan rangkaian penerima ultrasonik yang disebut unit receiver(Rx). Sinyal ultrasonik yang dibangkitkan akan dipancarkan dari transmitter ultrasonik sehingga memancarkan gelombang. Disaat sinyal mengenai benda penghalang (benda padat), maka sinyal ini akan dipantulkan, dan diterima oleh unit receiver ultrasonik. Sinyal yang diterima oleh rangkaian receiver ini kemudian dikirimkan ke rangkaian mikrokontroler yang selanjutnya diolah untuk menghitung jarak terhadap benda di depannya (bidang pantul).

Untuk lebih memahami prinsip kerja sensor ultrasonik perhatikan gambar dibawah ini :

Prinsip kerjanya seperti ini :
1. Awalnya Sinyal dipancarkan oleh pemancar ultrasonik ( sinyal berfrekuensi diatas 20kHz, biasanya yang digunakan untuk mengukur jarak benda adalah 40kHz.) di bangkitkan oleh rangkaian pemancar ultrasonik.


2. Kemudian sinyal yang dipancarkan tadi  akan merambat sebagai sinyal / gelombang bunyi dengan kecepatan bunyi sekitar 340 m/s. Sinyal tersebut lalu dipantulkan dan akan diterima kembali oleh bagian penerima Ultrasonik.

Setelah sinyal itut sampai di unit penerima ultrasonik, selanjutnya sinyal tersebut akan diproses untuk menghitung jarak terhadap penghalang. Jarak dihitung menggunakan rumus :

S = 340.t/2
Ket :
 S merupakan jarak antara sensor ultrasonik dengan bidang pantul,
t  merupakan selisih waktu antara pemancaran gelombang ultrasonik sampai diterima kembali oleh bagian penerima ultrasonik.

Nah itu tadi konsep dasar prinsip kerja sensor ultrasonik, dibawah ini adalah contoh aplikasi sensor ultrasonik dengan mikrokontroller untuk mengendalikan robot obstacle Avoider ( Penghindar Halangan )



Rangkaian diatas saya desain menggunakan software Proteus.

Komponen yang dibutuhkan :

1. Sensor ultrasonik 3 buah, untuk mendeteksi depan , kanan, dan kiri
2. Mikrokontroler, disini saya menggunakan arduino
3. Driver Motor, disini saya menggunakan L293D
4. Motor DC 2 buah


Rangkaian Elektronika Sensor Ultrasonik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email