Prinsip Kerja Motor Listrik

Kali ini kita akan belajar mengenai prinsip dasar dari sebuah motor listrik, bagi anda yang baru belajar mengenai motor listrik ini akan bermanfaat sehingga anda akan mengetahui konsep dasar dari sebuah motor listrik.

Pengertian Motor Listrik

Motor listrik adalah suatu alat yang berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi mekanik dalam bentuk putaran. Motor listrik ini banyak sekali digunakan dalam kehidupan kita sehari hari baik di dalam masyarakat maupun di Industri. Motor listrik secara umum dibagi menjadi 2 yaitu Motor AC dan Motor DC. 

Bagaimana Prinsip Kerja Motor Listrik ?

Dengan Mengubah energi listrik menjadi elektromagnetik. karena di dalam motor listrik terdapat gaya elektromagnetik yang didapat dari magnet ( bisa magnet asli bisa juga dari suatu liltan kawat yang dialiri listrik ) kutub-kutub dari magnet yang senama akan tolak-menolak dan kutub-kutub tidak senama, tarik-menarik. Maka kita dapat memperoleh gerakan jika kita menempatkan sebuah magnet pada sebuah poros yang dapat berputar, dan magnet yang lain pada suatu kedudukan yang tetap.



Secara umum proses kerja motor listrik dapat dijelaskan sbb :
1. Arus listrik dalam medan magnet akan memberikan gaya elektromagnetik
2. Pasangan gaya elektromagnet menghasilkan torsi / tenaga putar untuk memutar kumparan pada rotor
3. rotor berputar dapat digunakan untuk menggerakan mesin / peralatan lain.

Jenis Motor Listrik Secara Umum :


untuk jenis jenis motor listrik tersebut selengkapnya bisa anda pelajari di spostingan saya :
yang lainnya menyusul  di update postingan selanjutnya.

Yuuk kita bahas sedikit mengenai motor AC dan DC

1. Motor Listrik AC

Pengertian Motor Listrik ACMotor listrik AC adalah sebuah motor yang mengubah arus listrik menjadi energi gerak maupun mekanik daripada rotor yang ada di dalamnya. Motor listrik AC tidak terpengaruh kutub positif maupun negatif, dan bersumber tenaga listrik.


Motor Listrik AC dengan Sumber Daya Sinkron

Motor ini sering juga disebut dengan motor sinkron atau serempak. dikatakan sinkron karena putaran motor sama dengan putaran fluks magnetnya. sesuai dengan rumus :
Fe = nr.P / 120

Keterangan :
nr =  kecepatan putar rotor = kecepatan medan magnet (rpm)
Fe = Frekuensi Listrik (50 Hz - 60Hz)
P = Jumlah kutub 

prinsip kerja motor sinkron yaitu alur listrik yang mengalir dari sumber langsung menuju medan magnetomoghen yang ada di dalam motor. Pada mesin tipe ini, medan magnet di letakkan pada stator (disebut generator kutub eksternal / external pole generator), namun seiring perkembangan model tipe ini mulai ditinggalkan karena bisa membuat slip atau kerusakan pada motor dan permasalahan pada pembangkitan daya tinggi.

Pada mesin motor AC sinkron, telah ditemukan cara baru yaitu, medan magnet di letakkan pada rotor (internal pole generator) dan tegangan AC dibangkitkan pada rangkaian stator. Tegangan yang dihasilkan akan membentuk sinusoidal pada mesin sinkron kutub internal pada tiga kumparan stator yang diset sedemikian rupa dan membentuk sudut 120° derajat.

Motor AC dengan Sumber Daya Induksi
motor ini bekerja berdasarkan induksi medan magnet stator ke statornya, dimana arus motor ini bukan berasal dari sumber tegangan tertentu, tapi merupakan arus yang terinduksi sebagai akibat adanya perbedaan relatif antara putaran rotor dengan medan putar (rotating magnetic field) yang dihasilkan oleh arus stator.

Bagaimana Prinsip kerja motor AC induksi ?
Pada dasarnya motor induksi ini bekerja pada medan elektromagnetik dari kumparan stator kepada kumparan rotor. Karena kumparan stator merupakan rangkaian tertutup, maka akan mengalir arus listrik di kumparan stator, dan ini akan menimbulkan gaya Lorentz yang cenderung akan menggerakan kumparan rotor sesuai arah gaya Lorentz tersebut.


2. Motor DC

Motor listrik DC adalah motor yang penggeraknya berdasarkan sumber tegangan DC (Direct Current) seperti battery dan accu. Namun secara prinsip masih sama dengan motor AC.


sedangkan berdasarkan sumber daya nya , motor listrik DC dibedakan menjadi 2, yaitu sumber daya terpisah/ Separately Excited dan sumber daya sendiri / Self Excited.

1. Sumber daya terpisah (Separately Excited)
Adalah jenis motor DC yang sumber arus medan disupply dari sumber terpisah, sehingga motor listrik DC ini disebut motor DC sumber daya terpisah (separately excited).

2. Sumber daya sendiri (Self Excited)
Adalah jenis motor DC yang sumber arus medan disupply dari sumberyang sama dengan kumparan motor listrik, sehingga motor listrik DC ini disebut motor DC sumber dayasendiri (self excited).

Motor DC dengan Penguat Sendiri Masih dibedakan menjadi :
1. Motor Shunt
Motor shunt mempunyai kecapatan hampir konstan. Pada tegangan jepit konstan, motor ini mempunyai putaran yang hampir konstan walaupun terjadi perubahan beban

2. Motor Seri
merupakan motor arus searah yang mempunyai putaran kecapatan yang tidak konstan, jika beban tinggi maka putaran akan lambat.

3. Motor Kompon
Sebenarnya motor ini gabungan dari motor shunt dan motor seri. Motor kompon ini mempunyai sifat seperti motor seri dan shunt, tergantung lilitan mana yang kuat (kumparan seri atau shunt).
Prinsip Kerja Motor Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email