Peralatan Instalasi Listrik Rumah

Disini akan dibahas mengenai komponen / peralatan dasar yang dibutuhkan dalam melakukan instalasi ristrik rumah tangga, beberapa hal yang akan dibahas diantaranya saklar, Alat Pembatas dan Pengukur, Sekring, MCB, dsb.. 

Alat Pembatas dan Pengukur ( APP )


APP adalah alat yang berguna sebagai pembatas daya listrik yang masuk ke rumah tinggal, dan juga berfungsi sebagai pengukur jumlah daya listrik yang digunakan dalam rumah.  tersedia berbagai batasan daya dari  PLN untuk konsumsi rumah tinggal, yaitu 450 VA, 900 VA, 1.300 VA, dan 2.200 VA. Sebaiknya sesuaikan kebutuhan anda, psanglah daya seperlunya saja.


Di dalam APP ini terdapat beberapa bagian utama, yaitu

1. Miniatur Circuit Breaker (MCB)

MCB berfungsi untuk memutuskan aliran  listrik secara otomatis jika arus  yang dihantarkan / digunakan dalam rumah melebihi nilai batasnya. MCB ini dapat kita ON / OFF kan pada tuasnya, serta sebagai sakelar utama dalam rumah. Apabila MCB  ini dalam kondisi off, maka seluruh aliran listrik dalam rumah pun terputus. MCB ini biasanya dimatikan pada saat akan dilakukan perbaikan instalasi listrik di dalam dirumah.

2. KWH Meter

KWH meter berfungsi sebagai pengukur besaran daya yang digunakan dalam rumahl tersebut dengan satuan kWh (kilowatt hour). Pada APP, meter listrik berwujud deretan angka secara analog ataupun digital yang akan berubah sesuai penggunaan daya listrik, Jika pada Kwh analog maka meter ini dihubungkan dengan priringan yang berputar sesuai penggunaan dayanya(spin control ).

Spin Control disini sebagai alat kontrol penggunaan daya didalam rumah dan akan selalu berputar selama ada daya listrik yang terpakai. Spin control akan berputar semakin cepat jika daya listrik yang digunakan semakin besar, dan akan melambat jika daya listrik yang digunakan berkurang.

Dalam APP ini pada umunya terdapat 3 kabel masukan yaitu Fasa, Netral serta Ground yang dihubungakn ke tanah dan body APP, serta dihubungkan ke instalasi.

Alat Pengaman Listrik

Tidak hanya di dalam APP saja dipasang pengaman listrik terhadap beban lebih / gangguan hubung singkat. namun pada beberapa titik terutama pada rumah yang cukup banyak titik bebannya, biasanya dipasang beberapa titik pengaman serta sebagai titik pembagian. Mungkin anda sering melihar  tulisan " PRESTO " yang ditanam di dinding, nah ini didalamnya berisi MCB / pengaman.


Secara umum pengaman ini bisa menggunakan Sekring / patron lebur dan MCB

Sekring
merupakan alat yang digunakan memutuskan rangkaian listrik dengan cara meleburkan kawat yang ditempatkan pada suatu tabung apabila kawat tersebut dialairi arus listrik dengan ukuran tertentu yang melebihi batas kemampuannya. 



Saklar 

Sakelar adalah komponen instalasi listrik yang berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik pada suatu pemghantar.
Ditinjau dari besarnya tegangan, sakelar  dibedakan menjadi:
> sakelar tegangan rendah.
>Sakelar tegangan menengah.
> Sakelar tegangan tinggi serta sangat tinggi.


Saklar berdasarkan tempat dan pemasangannya, sakelar dapat dibedakan menjadi :

- Sakelar in-bow, sakelar ini ditanam didalam tembok.
- Sakelar out-bow, sakelar ini dipasang pada permukaan tembok.

Saklar Berdasarkan Fungsinya :

1. Sakelar on-off, yaitu saklar yang  menghubungkan arus listrik saat tombolnya ditekan pada posisi on. apabila akan memutuskan hubungan arus listrik, tombol sakelar ini harus ditekan pada posisi off. Sakelar banyak digunakan untuk sakelar lampu.

2. Sakelar push-on / push button, yaitu sakelar yang menghubungkan arus listrik saat tombolnya ditekan di posisi on dan  secara otomatis memutus arus listrik,saat tombolnya dilepas akan kembali ke posisi off dengan sendirinya. contoh : saklar bel rumah

Berdasarkan banyak tombolnya,  yaitu:
- Sakelar tunggal, adalah sakelar yang hanya mempunyai satu buah terminal input yang terhubung dengan sumber listrik, serta terminal output yang terhubung dengan beban listrik.

- Sakelar majemuk, adalah sakelar yang memiliki sebuahterminal input yang terhubung dengan sumber listrik, serta memiliki banyak terminal  output yang terhubung dengan beberapa beban. Jumlah terminal output tergantung dari jumlah tomboldalam sakelar tersebut. contoh : Saklar tukar, saklar seri.


KOTAK KONTAK / STOP KONTAK

Kotak kontak merupakan komponen listrik yang berfungsi sebagai muara hubungan antara alat listrik dengan aliran listrik. Supaya alat listrik terhubung dengan stop kontak, maka diperlukan kabel dan steker / colokan yang bisa ditancapkan pada stop kontak.


KABEL INSTALASI


Kabel listrik adalah komponen listrik yang berfungsi untuk menghantarkan energi listrik dari sumber ke beban listrik atau alat-alat listrik / rangkaian listrik. 

Beberapa kabel yang biasanya digunakan dalam instalasi listrik rumah 

kabel NYA

kabel ini mempunyai isolasi PVC dan mempunyai inti satu kawat. Jenisnya adalah kabel udara, kabel ini tidak untuk ditanam dalam tanah. Kabel listrik ini biasanya berwarna merah, hitam, kuning atau biru, loreng. Isolasi kawat penghantarnya hanya satu lapis, sehingga tidak cukup kuat terhadap gesekan, gencetan/tekanan atau gigitan binatang seperti tikus. Kabel ini dalam pemasangan instalasi membutuhkan pipa sebagai pelindung.

Kabel NYM

 kabel ini berisolasi PVC dan berintikan kawat lebih dari satu, ada yang 2, 3 atau 4. Jenis kabel udara dengan warna isolasi luar biasanya putih dan warna isolasi bagian dalam beragam ada yang fasa, netral , ground., karena isolasi yang rangkap inilah maka kabel listrik NYM ini relative lebih kuat terhadap gesekan atau gencetan/tekanan. Boleh dipasang menggunakan PIPA atau langsung ditanam di tembok.

Sekian dulu, Semoga Bermanfaat
Peralatan Instalasi Listrik Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email