Pengertian Sistem Pakar | Artificial Intelligent

postingan kali ini kita akan membahas salah satu cabang dalam Kecerdasan Buatan, yaitu Sistem Pakar.

Pengertian dan Definisi Sistem Pakar

Sistem Pakar adalah program komputer  yang merupakan cabang dari penelitian ilmu komputer yang disebut kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligent ). Sistem Pakar menggunakan pengetahuan (knowledge), fakta, dan teknik berfikir dalam menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh seorang pakar dari bidang yang bersangkutan.


Program AI ( kecerdasan Buatan ) yang mencapai kemampuan tingkat pakar dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam suatu riang lingkup tertentu dengan menghasilkan suatu pengetahuan tentang masalah yang spesifik dimakan basis pengetahuan / knowledge base. 

Sistem pakar merupakan sistem yang berbasis pengetahuan, yaitu sistem yang meniru penalaran dari seorang pakar dalam bidang tertentu. Sistem ini menggunakan pengetahuan manusia untuk menyelesaikan masalah yang biasanya memerlukan kepakaran seorang ahli.

Keunggulan Sistem Pakar dibandingkan seorang pakar :


1. Sistem pakar bisa digunakan setiap harinya yang menyerupai sebuah mesin, sedangkan seorang pakar tidak mungkin bekerja terus menerus setiap hari tanpa beristirahat.

2. Sistem pakar merupakan suatu perangkat lunak yang dapat diperbanyak, kemudian dibagikan ke berbagai lokasi maupun tempat yang berbeda beda untuk dapat digunakan , sedangkan seorang pakar hanya bekerja pada satu tempat dan saat yang bersamaan.

3. Suatu sistem pakar dapat diberi pengamanan untuk menentukan siapa saja yang mempunyai hak akses untuk menggunakannya.

4. Pengetahuan yang disimpan pada sistem pakar tidak akan lupa asalkan didukung ole maintenance yang baik dalam menjaga data, sedangkan pengetahuan seorang pakar manusia lambat laun akan hilang karena meninggal, usia yang makin tua. Walaupun pengetahuannya dalam waktu yang singkat tidak akan hilang, bisa saja seseorang pakar mengundurkan diri dari pekerjaannya, pindah tugas dari pekerjaannya sehingga organisasi yang bersangkutan akan kehilangan pakar yang berbakat.

5. Kemampuan memecahkan masalah pada suatu sistem pakar tidak dipengaruhi oleh faktor dari luar seperti intimidasi, persasaan kejiwaan, kondisi ekonomi, dsb. Akan tetapi seseorang pakar dapat dipengaruhi oleh faktor faktor dari luar yang disebutkan diatas dalam menyelesaikan suatu masalah, sehingga bisa jadi seorang pakar menjadi tidak konsisten.

6. umumnya kecepatan penyelesaian masalah sistem pakar relatif lebih cepat dibandingkan oleh seorang pakar manusia .

7. Biaya menggaji seorang pakar lebih mahal dibandingkan dengan memakai program sistem pakar ( dengan asumsi bahwa program sistem pakar itu sudah ada.



Beberapa kategori dalam permasalahan sistem pakar :

1. Interpretasi yaitu pengambilan keputusan atau deskripsi tingkat tinggi dari sekumpulan data mentah.

2. Proyeksi, yaitu meprediksi akibat akibat yang dimungkinkan dari situasi situasi tertentu diantaranya permasalahan prediksi dmografis, permasalahan ekonomi, prediksi lalu lintas, dsb

3. Diagnosis, menentukan sebab malfungsi dalam situasi kompleks yang didasarkan pada gejala gejala yang teramati.

4. Desain, yaitu menentukan konfigurasi komponen komponen sistem yang cocok dengan tujuan tujuan kinerja tertentu yang memenuhi kendala kendala tertentu

5. Perencanaan, yaitu merencanakan serangkaian tindakan yang dapat mencapai sejumlah tujuan.

 6. Monitoring, yaitu membandigkan tingkah laku suatu sistem yang teramati dengan tingkah laku yang diharapkan darinya, contoh COmputer Aided Monitoring System

7. Debigging dan repair, menentukan dan mengimplementasikan cara cara untuk mengatasi malfungsi.

8. Instruksi, yaitu mendeteksi dan mengoreksi definisi dalam pemahaman domain subjek.

9. Pengendalian, yaitu mengatur tingkah laku suatu environment yang kompleks seperti kontrol terhadap interpretasi interpretasi, prediksi, perbaikan dan monitoring kelakuan sistem.

10. Seleksi, yaitu mengidentifikasi pilihan terbaik dari sekumpulan list kemungkinan.

11. Simulasi, yaitu pemodelan sinteraksi antara komponen komponen sistem.

Pengertian Sistem Pakar | Artificial Intelligent Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email