Pengertian dan Prinsip Kerja Generator Listrik

Apa itu Generator ?

Generator listrik adalah sebuah alat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Sebuah mesin-generator adalah kombinasi dari sebuah generator listrik dan mesin (prime mover) dipasang bersama untuk membentuk satu bagian dari peralatan. Kombinasi ini juga bisa disebut sebagai "genset." Sebuah sistem generator siaga lengkap akan mencakup switch tambahan dan komponen kontrol untuk membuat operasi dari genset yang lebih mudah dan lebih dapat diandalkan.

Bagaimana generator bisa menghasilkan listrik ?


Generator listrik pada dasarnya merupakan gulungan konduktor listrik, biasanya kawat tembaga, yang erat dipasang untuk berputar di dalam array magnet besar.

Disaat sebuah konduktor listrik bergerak melalui medan magnet, magnet akan berinteraksi dengan elektron dalam konduktor untuk menginduksi aliran arus listrik di dalamnya.

Konduktor kumparan dan intinya disebut dinamo. Dengan menghubungkan angker ke poros dari sumber mekanis, seperti mesin, konduktor tembaga dapat berputar pada kecepatan yang sangat tinggi melalui medan magnet, menghasilkan aliran arus listrik. Prinsip yang sama berlaku apakah generator digerakkan oleh roda sepeda, mesin traktor atau turbin uap.



Mengenal Lebih Lanjut Mengenai Dasat Teori Pembangkitan Energi Listrik

Pada 1831-1832 Michael Faraday menemukan bahwa perbedaan potensial dihasilkan antara ujung-ujung konduktor listrik yang bergerak tegak lurus terhadap medan magnet . Dia juga membangun generator elektromagnetik pertama disebut ' Faraday disk ' , jenis generator homopolar , menggunakan cakram tembaga yang berputar antara kutub magnet tapal kuda . Ini menghasilkan tegangan DC kecil, dan dalam jumlah besar saat ini.

Dinamo adalah generator listrik pertama yang mampu memberikan daya listrik untuk industri . Dinamo menggunakan prinsip elektromagnetik untuk mengubah rotasi mekanik menjadi arus listrik bolak-balik . Sebuah mesin dinamo terdiri dari struktur stasioner yang menghasilkan medan magnet yang kuat , dan satu set berputar gulungan yang berubah dalam bidang tersebut. Pada mesin kecil medan magnet dapat diberikan oleh sebuah magnet permanen, mesin yang lebih besar memiliki medan magnet yang dihasilkan oleh elektromagnet .

Proses Konversi energi dalam generator didasarkan pada prinsip  emf . Setiap kali fluks magnet memotong konduktor , induksi emf dinamis dihasilkan di dalamnya sesuai dengan Hukum Faraday .  Emf tersebut  menyebabkan arus mengalir jika rangkaian konduktor tertutup . Oleh karena itu , dua bagian penting dasar dari sebuah generator listrik adalah ( i ) medan magnet dan ( ii ) konduktor yang  dapat bergerak untuk memotong fluks.


Aturan tangan kanan Fleming 


Aturan tangan kanan Fleming (untuk generator) menunjukkan arah arus induksi ketika konduktor bergerak dalam medan magnet.

Tangan kanan dipegang dengan ibu jari, jari pertama dan kedua jari saling di sudut kanan, seperti yang ditunjukkan gambar diatas.
Thumb (ibu jari) mewakili arah gerak konduktor.
Jari pertama merupakan arah Lapangan.
Jari kedua merupakan arah induksi yang menghasilkan arus listrik (dari positif ke negatif).
Pengertian dan Prinsip Kerja Generator Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email