Mengenal Pemrograman Bahasa C dan C++

Sekarang kita akan belajar mengenai Bahasa Pemrograman C dan C ++, sebenarnya C dan C++ itu hampir sama, hanya C++ pengembangan dari bahasa C.

Pengertian Bahasa Pemrograman C

Bahasa C adalah Bahasa pemrograman yang banyak digunakan dan sangat terkenal.  Programmer yang mempunyai background informatika atau Teknik elektro pasti tahu ataupun kenal dengan bahasa ini .



Bahasa C mempunyai berbagai macam fitur diantaranya :

> C adalah bahasa pemrograman yang sangat populer. Jumlah pengguna yang terus meningkat secara otomatis akan mendorong banyak dukungan dari komunitas jika terdapat suatu kekruangan atau keluhan. Proses belajarnya juga lebih mudah, banyak sekali sumber sumber yang membahas mengenai bahasa C, baik dari buku maupun media internet.


> Bahasa C menawarkan probabilitas tinggi. Dengan menggunakan bahasa C anda dimungkinkan untuk bisa menjalankan program di berbagai sistem operasi seprti WINDOWS, LINUX, Macintosh, dll

> C adalah bahasa yang powerfull, yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai macam aplikasi dengan dukungan berbagai kompiler yang cukup lengkap fiturnya.

> Bahasa C mendukung OOP / Object Oriented Programming / pemrograman berorientasi objek

Nah.. keren kan ga ada ruginya belajar bahasa C

Cara Membuat Program dengan Bahasa C


Pertama , source kondenya anda tulish pada suatu editor yang dialamnya sudah mendukung compiler. program kompiler, banyak program kompiler, nah untuk windows anda bisa menggunakan Borland C++, Cygwin, C-Free, dll banyak deh... untuk platform selain window cari aja di google ....
Setelah program anda ketikan di editor selesai anda tinggal mengcompile nya. Program yang sudah dikompilasi akan menghasilkan keluaran yang dapat dieksekusi ( executable) kalau dalam windows berformat .exe, Setelah itu lakukan ekseskusi file tersebut sehinggan munculah tampilan program yang sudah anda buat.

Mengenal Sintaks Dalam Bahasa C


Nah kalau di Pascal anda menggunakan Begin - End untuk menempatkan algoritma di suatu program.Bahasa C menggunakan cara yang hampir sama kok, hanya saja simbolnya beda di C dipakai Main {}. Kalau dalam Bahasa C program utama di save disimpan di Main{}.

Fungsi fungsi dan prosedur yang ingin dipanggil dideklarasikan diluar Main{}.


Contoh Program bahasa C


Nah disini ada contoh program untuk menampilkan teks " Selamat Datang "

#include <stdio.h>
int main(void)
{
printf("Selamat Datang\n);
return 0;
}

atau bisa juga menggunakan sintaks seperti ini

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main(void)
{
puts("Selamat Datang");
return EXIT_SUCCESS;
}

ya, memang dalam pemrograman antara seseorang dengan yang lain bisa jadi programnya berbeda beda namun hasil yang ditampilkan sama, itu karena setiap programmer mempunyai algoritma ( alur berfikir) tersendiri sesuai dengan pengalamannya masing masing.

Kalau C++ sebenarnya masih satu keluarga dengan C, namun menganut paradikma pemrograman berbasis Objek (OOP). kedua bahasa ini saling kompatibel

contoh C++

#include <iostream>
int main()
{
std::cout<<"Selamat Datang" <<std::endl;
return 0;
}


nah sekian dulu, semoga bermanfaat . Thanks
Mengenal Pemrograman Bahasa C dan C++ Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email