Konverter Gelombang-penuh Satu-fasa

Pada postingan sekarang akan dibahas mengenai salah satu jenis konverter 1 Fasa

1. Konverter Gelombang-penuh Satu-fasa dengan CT

Gambar dibawah ini merupakan rangkaian konverter gelombang-penuh satu fasa  CT dengan beban R. Transformator dengan CT dipilih untuk memperoleh dua tegangan V1  dan V2  yang masing-masing memiliki beda fasa sebesar 180o terhadap CT atau netral (N). Proses pemicuan pada SCR T1  dan T2  dilakukan secara serempak. Komponen SCR T1 bekerja pada setengah perioda pertama (0 sampai dengan p), dan Komponen SCR T2  bekerja pada setengah perioda kedua (p  sampai dengan 2p).


Bentuk gelombangnya seperti dibawah ini :


Dengan  demikian,  daya  luaran  rerata  (Pdc)  dan  daya  luaran efektif (PL) adalah:


Pdc = Vdc . Idc                                                  PL = VL . IL


2. Konverter Gelombang-penuh Satu-fasa Hubungan Jembatan

Gambar dibawah ini merupakan rangkaian konverter gelombang-penuh satu fasa  hubungan jembatan dengan beban R. Proses pemicuan pada rangkaian  ini,  SCR T1  dan  T2   serta SCR T3   dan  T4  masing-masing dioperasikan secara serempak. Komponen SCR T1 dan T2 bekerja pada setengah perioda pertama (0 sampai dengan p), dan Komponen SCR T3 dan T4 bekerja pada setengah perioda kedua (p sampai dengan 2p).



Jika SCR T1  dan T2  serta SCR T3  dan T4  masing-masing dipicu sebesar p, maka nilai tegangan searah rerata (Vdc) dan nilai tegangan searah efektif (root mean square-rms), VL  seperti rangkaian konverter gelombang-penuh satu fasa CT dengan beban R di atas.

3. Semikonverter 1 Fasa
Terdapat dua jenis rangkaian semikonverter satu fasa yang masing-masing memiliki fungsi sama, yaitu:  semikonverter satu fasa simetris dan semikonverter satu fasa tak simetris.

Proses pemicuan pada rangkaian ini terjadi ketika  SCR T1 dan dioda D1 serta SCR T2 dan dioda D2 masing-masing dioperasikan secara serempak. Komponen SCR T1  dan dioda D1  bekerja pada setengah perioda pertama (0 sampai dengan p), dan Komponen SCR T2 dan dioda D2 bekerja pada setengah perioda kedua (p sampai dengan 2p).


Konverter Gelombang-penuh Satu-fasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email