Contoh Program PLC Untuk Motor Listrik

Nah sobat, kali ini saya akan sedikit share contoh contoh program PLC untuk berbagai macam kendali, kali ini saya menggunakan PLC OMRON, untuk pemrogramannya menggunakan CX-Programmer.

1. Program PLC Omron Starting Star Delta / Bintang Segitiga

Kenapa Motor 3 Fasa harus dihubungkan bintang segitiga ?
Pada intinya arus start motor tiga fasa cukup besar, dengan menggunakan starting star delta maka akan mengurangi arus start, karena secara teori arust start bintang 1/3 kali arus start bila dihubung langsung segitiga.


> Beban dengan inersia yang tinggi/ besar akan menyebabkan waktu starting motor menjadi lama untuk mencapai kecepatan nominalnya.

> Selama periode starting tersebut, maka pada stator dan rotor akan mengalir arus yang besar sehungga bisa terjadi pemanasan berlebih (overheating) pada motor

> Lebih buruk lagi menyebabkan gangguan pada sistem jala-jala sumber listriknys sehingga akan menurunkan tegangannya. hal ini akan mengganggu beban listrik lainnya.

> Untuk menghindari hal tersebut, suatu motor induksi seringkali di start dengan level tegangan yang lebih rendah dari tegangan nominalnya.

> Pengurangan tegangan starting tersebut akan membatasi dayas yang diberikan ke motor, namun demikian disis lain pengurangan tegangan ini akan berdampak memperpanjang waktu/ periode starting (waktu yang  dibutuhkan untuk mencapai kecepatan nominalnya).

konstruksi rangkaian intang segitiga pada motor listrik 3 Fasa adalah sbb:





2. Program Kendali Tombol Untuk Kuis



nah sekian dulu contoh program PLC nya, lain bisa diupdate lagi. semoga bermanfat
Contoh Program PLC Untuk Motor Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email