Cara Menggunakan Multitester Multimeter dan AVOmeter

Bagi anda yang baru terjun di dunia listrik / elektronika hal dasar yang harus bisa anda praktekan yaitu menggunkaan multimeter, ada juga yang menyebutnya multitester / AVOmeter ( Ampere Volt Ohm Meter).

Multimeter sendiri bisa digunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya :

1. Mengukur Tegangan
2. Mengukur Arus Listrik
3. Mengukur Hambatan / Resistansi

intinya sih 3 hal di atas , dengan 3 fungsi utama diatas maka multi dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan dalam pengecekan rangkaian listrik / elektronika diantaranya :

4. Mengecek Rangkaian
5. Mengecek Kaki Transistor
6. Mengecek Kondisi Kapasitor, dll


Sebelum mulai mengukur PERHATIKAN  jarum pengatur skalanya harus berada pada sisi Voltmeter, Ampere atau Pengukuran Resistansi sesuai dengan jenis pengukuran yang akan dilakukan, jangan sampai anda mengukur tegangan listrik tapi jarum pengatur masih berada pada skala pengatur arus. Sesuaikan dengan perkiraan tegangan yang diukur, untuk lebih amannya gunkan skala yang besar terlebih dahulu jika belum terbaca maka turunkan skalanya.


1. Cara Mengukur Tegangan dengan Multimeter | Multitester

Disaat anda mengukur tegangan baik itu teggangan bolak balik AC maupun tegangan searah DC, maka Alat ukur harus di pasang Paralel terhadap rangkaian. Perhatikan kedua terminal pengukur ( biasanya berwarna Merah untuk positif (+)nya dan Hitam untuk Negatif (-)nya) disini harus membentuk suatu titik percabangan dan bukan berjejer (seri) terhadap beban. Pemasangan yang benar seperti ditunjukan gambar berikut :




2. Cara Mengukur Arus Listrik Menggunakan Multimeter ( Ampere Meter )


Jika multimeter digunakan untuk melakukan pengukuran arus listrik hal yang harus diperhatikan yaitu Posisi terminal harus dalam kondisi berderetan dengan Beban ( dirangkai secara Seri ), rangkaian harus di Buka / diputus / Open circuit dan kemudian menghubungkan terminal alat ukur pada titik yang telah terputus tersebut. Pemasangannya perhatikan gambar di bawah ini :



3. Cara Mengukur Hambatan Listrik Menggunakan Multimeter ( Ohm Meter )


Hal yang harus anda ketahui saat melakukan pengukuran  tahanan yaitu  JANGAN PERNAH MENGUKUR NILAI HAMBATAN SUATU KOMPONEN SAAT MASIH TERHUBUNG DENGAN SUMBER.  karena hal ini dapat merusak alat ukur anda. Pengukuran hambatan cukup mudah dengan cara mengatur saklar pemilih ke posisi Skala OHM lalu hubungkan terminal ke kedua sisi komponen yang akan diukur hambatannya.


4. Cara Menguji Dioda Menggunakan Multimeter


Dioda mempunyai sepasang kaki dimana masing-masing berkutub positif dan negatif. ( anoda dan katoda ) Oleh karena itu dalam menguji nanti hendaknya dilakukan dengan benar dan cermat. Tujuan pengujian komponen ini adalah untuk mengetahui apakah dioda ini rusak atau tidak . 


Cara melakukan pengujian:
> putarlah saklar Multimeter pada posisi Ohmmeter, 1x dan lakukanlah Kalibrasi ( untuk menormalkan jarum penjunjuk agar sesuai ).
> Selanjutnya hubungkanlah colokan (-) dengan kaki negatif (anoda) serta colokan (+) dengan kaki positif (katoda).
lalu pindahkan colokan (-) pada kaki anoda dan colokan (+) pada kaki katoda. Bila jarum bergerak berarti dioda tersebut sudah rusak ( dalam hal ini seharusnya dioda bekerja sebagai penyekat ). Jika yang terjadi sebaliknya (tidakbergerak) maka dioda masih dalam keadaan baik.


Sekian, semoga bermanfaat

Cara Menggunakan Multitester Multimeter dan AVOmeter Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email