Cara Menggunakan Mikroskop Untuk Meneliti Objek Biologi

Postingan kali ini akan dibahas cara menggunakan mikroskop, nah biasanya adik adik di bangku SMP kalau dulu di mata pelajaran IPA Biologi pertama kali saya menggunakan mikroskop, awalnya memang agak bingung, tapi santa saja mudah kok, disini yang digunakan adalah mikroskop cahaya.

1. Letakan Mikroskop yang ingin anda gunakan diatas meja yang datar dengan cara lengan mikroskop dipegang sedemikian rupa sehingga mikroskop terletak persis di hadapan pemakai ( hati hati ya.. :D)



2. Berikutnya putarlah revolver di mikroskop sehingga lensa obyektif dengan perbesaran lemah terletak pada posisi satu poros dengan lensa okuler sampai pas ( biasanya ditandai bunyi klik ).


3. Selanjutnya aturlah cermin dan diafragma untuk melihat seberapa kuat cahaya yang masuk, sampai dari lensa okuler tampak terang berbentuk bulat dalam pandangan anda.


4. Mulailah menempatkan preparat di meja benda tepat pada lubang preparat lalu jepitlah dengan penjepit obyek/benda.



5.mulailah mengatur fokus sedikit demi sedikit untuk memperjelas gambar / obyek dengan cara memutar pemutar kasar, perhatikan juga di lensa okulernya. agar didapat tampilan yang lebih tajam putarlah pemutar halus.


6. Jika bayangan obyek sudah ditemukan / terlihat jelas, anda bisa melakukan perbesaran dengan mengatur lensa obyektif dengan ukuran dari 10 X,40 X atau 100 X, dengan cara memutar revolver sedikit demi sedikit sampai bunyi klik.

7. Jika sudah selesai jangan lupa bersihkan mikroskopnya, kaca preparatnya juga, lalu simpanlah di tempat yang aman.


Sekian dulu sobat, semoga bermanfaat...
Cara Menggunakan Mikroskop Untuk Meneliti Objek Biologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email