Struktur dan Karakteristik Algoritma Genetika

Beberapa karakteristik algoritma genetika yang membedakan dengan prosedur pencarian yang lain adalah :

1. Algoritma genetika bekerja dengan pengkodean dari himpunan solusi permasalahan berdasarkan parameter yang telah ditetapkan.

2. Melakukan pencarian pada sebuah populasi dari sejumlah individu individu yang merupakan solusi permasalahan bukan hanya dari sebuah individu.

3. Menggunakan informasi fungsi objektif (fitness) sebagai cara untuk mengevaluasi individu yang mempunyai solusi terbaik, bukan turunan dari suatu fungsi.

4. menggunakan aturan aturan transisi peluang bukan aturan determenistik.


Variabel dan Parameter yang Digunakan dalam Algoritma Genetika :

1. Fungsi fitness ( fungsi tujuan ) yang dimiliki oleh masing masing individu untuk menentukan tingkat kesesuaian individu tersebut dengan kriteria yang ingin dicapai.

2. Populasi jumlah individu yang dilibatkan pada setiap generasi.

3. Probabilitas terjadinya mutasi pada setiap individu

4. Jumlah generasi yang akan dibentuk menentukan lama penerapan Algoritma Genetika.


Struktur dalam AG dapat dijelaskan menggunakan langkah langkah sbb:

1. Membangkitkan populasi awal
Populasi awal ini dibangkitkan secara random sehingga didapat solusi awal. Populasi itu sendiri terdiri atas sejumlah kromosom yang merepresentasikan solusi yang diinginkan.

2. Membentuk Generasi Baru
Untuk membentuk generasi baru, digunakan operator reproduksi/seleksi, crossover dan mutasi. Proses ini dilakukan berulang ulang sehingga didapatkan kromosom yang cukup untuk membentuk generasi baru dimana generasi baru ini merupakan representasi dari solusi baru. Generasi baru ini dikenal dengan istilah anak (offspring)

3. Evaluasi Solusi
Pada setiap generasi kromosom akan melalui proses evaluasi dengan menggunakan alat ukur yang dinamakan fitness . Nilai fitness suatu kromosom menggambarkan kualitas kromosom dalam populasi tersebut. Proses ini akan mengevaluasi setiap populasi dengan menghitung nilai fitness setiap kromosom dan mengevaluasinya sampai terpenuhi, dan kriteria berhenti. Bila kriteria berhenti belum terpenuhi maka akan dibentuk lagi generasi baru dengan mengulangi langkah 2

Beberapa kriteria berhenti yangs ering digunakan yaitu :
berhenti pada generasi tertentu, berhenti pada generasi berturut turut  didapatkan nilai fitness tertinggi tidak berubah, berhenti bila dalam n generasi berikut tidak didapatkan nilai fitness yang lebih tinggi.

Namun, sebelum AG dilakukan ada hal penting yang harus dilakukan yaitu:
1. Pendefinisian kromosom yang merupakan suatu solusi yang masih berbentuk simbol
2. Fungsi fitness atau fungsi obyektif.


Struktur dan Karakteristik Algoritma Genetika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email