Penyearah Setengan Gelombang 1 fasa Beban Resistif ( R )

Gambar a tersebut merupakan rangkaian penyearah setengah- gelombang satu-fasa dengan beban resistif, sedangkan Gambar (b) menunjukkan  bentuk  gelombang  hasil  penyearahan.  Proses penyearahan dapat dijelaskan melalui Gambar (a) dan (b), pada setengah siklus pertama dengan polaritas positif, dioda pada rangkaian penyearah akan ON karena polaritas tegangan pada anoda lebih positif
dibandingkan pada katoda.


Pada proses ini menghasilkan tegangan luaran (VL) sebesar tegangan setengah perioda pertama (Vm).   Selanjutnya, pada setengah siklus kedua dengan polaritas negatif, dioda pada rangkaian penyearah akan OFF karena polaritas tegangan pada anoda lebih negatif dibandingkan pada katoda. Pada proses ini menghasilkan tegangan luaran sama dengan nol. Proses ON dan OFF dioda ini berlangsung secara cepat berdasarkan frekuensi tegangan sumber masukan.

Di sini, dioda berfungsi sebagai sakelar sekaligus melakukan pengubahan  (converting) dari sumber bolak-balik  menjadi tegangan searah. Ditinjau dari tegangan luaran (VL) yang dihasilkan, terdapat dua jenis komponen tegangan, yaitu : (1) tegangan searah rerata (Vdc) dan tegangan searah efektif (root mean square-rms), VL. Nilai tegangan luaran masing-masing adalah :

Tegangan masukan (input), Vs.            Vs = Vm sin ωt = VMAX sin ωt


Tegangan luaran (output) rerata, Vdc dan arus luaran rerata, Idc :
 










Penyearah Setengan Gelombang 1 fasa Beban Resistif ( R ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email