Peninjauan Sistem Penyaluran dan Distribusi Tenaga Listrik

Banyak hal yang menentukan baik buruknya kualitas suatu jaringan listrik, untuk itu dalam peracnangan harus diperhatikan beberapa hal berikut :

1). Kontinyuitas Pelayanan yang baik, tidak sering terjadi pemutusan, baik karena gangguan maupun karena hal-hal yang direncanakan. Biasanya, kontinyuitas pelayanan terbaik diprioritaskan pada beban-beban yang dianggap    vital   dan   sama   sekali   tidak   dikehendaki   mengalami pemadaman, misalnya: instalasi militer, pusat pelayanan komunikasi, rumah sakit, dll.

2). Kualitas Daya yang baik
- kapasitas daya yang memenuhi.
- tegangan yang selalu konstan dan nominal.
- frekuensi yang selalu konstan (untuk sistem AC).
Catatan:  Tegangan  nominal  di  sini  dapat  pula  diartikan  kerugian tegangan yang terjadi pada saluran relatif kecil sekali.

3). Perluasan dan Penyebaran  daerah  beban  yang  dilayani seimbang.
Khususnya untuk sistem tegangan AC 3 fasa,   faktor keseimbangan/kesimetrisan beban pada masing-masing fasa perlu diperhatikan. Bagaimana  pengaruh  pembebanan  yang  tidak  simetris  pada  suatu sistem distribusi, akan dibicarakan lebih lanjut dalam bagian lain.



 4). Fleksibel dalam pengembangan dan perluaan daerah beban.
Perencanaan sistem distribusi yang baik, tidak hanya bertitik tolak pada kebutuhan beban  sesaat,  tetapi  perlu  diperhatikan pula  secara  teliti mengenai pengembangan beban yang harus dilayani, bukan saja dalam hal penambahah kapasitas dayanya, tetapi juga dalam hal perluasan daerah beban yang harus dilayani.

5). Kondisi dan Situasi Lingkungan. 
Faktor ini merupakan pertimbangan dalam perencanaan untuk menentukan tipetipe atau macam sistem distribusi mana yang sesuai untuk lingkungan bersangkutan, misalnya tentang konduktornya, konfigurasinya, tata letaknya, dsb. termasuk pertimbangan segi estetika (keindahan) nya.

6). Pertimbangan Ekonomis.
 Faktor ini menyangkut perhitungan untung rugi ditinjau dari segi ekonomis, baik secara komersiil maupun dalam rangka penghematan anggaran yang tersedia.





Peninjauan Sistem Penyaluran dan Distribusi Tenaga Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email