Pengertian dan Konsep Dasar Elektronika Daya Untuk Kendali Industri

Kendali industri tidak lepas dari sistem elektronika daya, berbagai jenis mesin berdaya besar dikendalikan oleh perangkat perangkat kendali seperti PLC, dan sistem elektronis pendukungnya, Perangkat / mesin tersebut umumnya dikendalikan tidak secara langsung, namun biasanya melalui ruang kontrol nah disinilah peran elektronika daya.

Pengertian Elektronika Daya

Elektronika Daya (Power Electronics) adalah sebuah aplikasi elektronika yang menitikberatkan pada pengaturan peralatan listrik yang berdaya besar dengan cara melakukan pengubahan parameter-parameter listrik (arus, tegangan, daya listrik).   Aplikasi   elektronika   disini   dimaksudkan   rangkaian   yang   menggunakan peralatan elektronika terutama semikonduktor yang difungsikan sebagai saklar (switching) untuk melakukan pengaturan dengan cara melakukan pengubahan tipe sumber dari listrik AC menjadi AC (AC Regulator), perubahan listrik AC menjadi DC (Konverter), pengubahan listrik DC menjadi DC (DC Converter) dan pengubahan listrik DC menjadi AC (Inverter). Peralatan semikonduktor yang digunakan adalah solid-state electronics   untuk   melakukan   pengaturan   yang   lebih   efesien   pada   sistem   yang mempunyai daya dan energy yang besar.

Aplikasi elektronika daya memiliki karakteristik sebagai berikut:

1.   Aplikasi teknik kontrol untuk mendapatkan

2.   Elektronika daya merupakan  gabungan dari berbagai disiplin ilmu yaitu Teknik

Tenaga Listrik, Elektronika dan teknologi sistem kontrol.

3.   Elektronika  daya  menggunakan  komponen  elektronika  daya  (solid-state)  untuk mengontrol dan mengkonversi tenaga listrik
4.   Rangkaian elektronika daya terdiri dari input dan beban (load).

5.   Rangkaian  elektronika  daya  dapat  terdiri  dari  satu  atau  lebih  converter  untuk melakukan perubahan parameter listrik.


Secara  umum,  aplikasi  elektronika  daya  dapat  dijelaskan  dengan  gambar dibawah ini :





Elektronika Daya merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari dan membahas aplikasi elektronika yang berkaitan dengan peralatan listrik yang berdaya cukup   besar.   

Berbagai   macam   peralatan   dan   aplikasi   nyata   di   industri   yang menggunakan sumber listrik memiliki kapasitas daya yang sangat besar seperti motor listrik, pemanas, pendingin, fun, kompresor, pompa, conveyor dan aplikasi-aplikasi lainnya.   Elektronika   daya   mulai   populer   setelah   berbagai   pengaturan   secara konvensional kurang dapat memenuhi kebutuhan industri. 

Pengaturan berbagai aplikasi di industri secara konvensional tidak efektif dan menimbulkan rugi-rugi yang cukup besar sehingga diperlukan mekanisme pengaturan yang lebih baik. Salah satu pilihan adalah dengan menggunakan perangkat elektronika.

Untuk dapat melakukan pengaturan berbagai macam peralatan di industri diperlukan peralatan kontrol  yang mampu  beroperasi pada tegangan  dan arus  yang cukup besar. Elektronika Daya memberikan solusi terhadap permasalahan di dunia industri untuk dapat melakukan pengaturan peralatan-peralatan dengan menggunakan rangkaian yang dapat bekerja dengan arus dan tegangan yang besar. Beberapa aplikasi di industry bekerja pada arus yang mencapai ratusan bahkan ribuan amper dan tegangan yang tinggi 220 V, 380 V, 600 V, 3,8 KV bahkan ada yang lebih tinggi lagi. Pengaturan peralatan yang berdaya besar ini tidak mungkin dilakukan dengan rangkaian elektronika yang berdaya kecil seperti peralatan rumah tangga yang arusnya kurang dari 5 Ampere dan tegangannya kurang dari 60 V.

Bidang ilmu Elektronika Daya mencakup berbagai bidang ilmu yang mendasari perkembangan ilmu ini. Beberapa bidang ilmu yang terkait dengan Elektronika daya diantaranya  adalah:   Elektronika,   Teori  rangkaian,  Sistem  control, Elektromagnetika, Mesin-mesin listrik, Sistem Tenaga Listrik, Komponen semikonduktor   dan   computer.

Postingan selanjutnya akan dibahas Pemanfaatan Aplikasi Elektronika Daya di Berbagai Bidang
Pengertian dan Konsep Dasar Elektronika Daya Untuk Kendali Industri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

1 comment:

ivan verys said...

Makasih udah share gan , bermanfaat infonya !!


bisnistiket.co.id

Berlangganan Via Email