Pengertian dan Konsep Dasar Algoritma Genetika

Postingan kali ini kita akan belajar mengenai salah satu algoritma dalam Kecerdasan Buatan yaitu Algoritma Genetika. ya mungkin kedengarannya agak aneh, tapi disini kita nilai dari segi positifnya aja.

PENGANTAR
Saat memandang alam sekitar anda akan melihat keragaman kehidupan, berjuta spesies baik tumbuh tumbuhan, hewan maupun manusia masing masing mempunyai pola tingkah laku dan karakter yang berbeda. Mereka saling menyesuaikan dengan terus menerus melakukan perubahan dan pergantian suasana lingkungan dalam mempertahankan hidup. Anggota spesies yang paling lemah akan mengalami kepunahan dan yang tertinggal adalah yang terkuat. Pasangan spesies terkuat akan berkembang biak untuk kelangsungan hidupnya dan keturunannya.

Pengertian Algoritma Genetika
Algoritma genetika adalah pencarian yang berbasis kepada mekanisme seleksi alam dan genetika, algoritma ini menjadi alternatif dalam menyelesaikan masalah optimasi yang kompleks yang sulit dilakukan oleh metode konvensional.

Sifat algoritma genetika adalah mencari kemungkinan krmungkinan dari calon calon solusiuntuk mendapatkan hasil yang optimal dalam menyelesaikan masalah. Ruang cakupan dari semua solusi yang layak yaitu objek objek diantara solusi yang sesuai, dinamakan ruang pencarian ( search space ). Tiap titik dalam ruang pencarian merepresentasikan satu solusi yang layak. Tiap solusi yang layak dapat ditandai dengan nilai fitness nya bagi suatu masalah.

Solusi yang dicari dalam algoritma genetika adalah titikdiantara solusi yang layak dalam ruang pencarian. SIfat pencarian inilah yang menyebabkan algoritma genetika baik untuk diterapkan dalam menyelesaikan masalah NP COmplete

Algoritma Genetika bekerja pada populasi yang merupakan himpunan solusi yang dihasilkan secara acak. Setiap anggota himpunan yang merepresentasikan satu solusi dinamakan kromosom. Kromosom dalam suatu populasi berevolusi dalam iterasi yang dinamakan generasi, tiap kromosom dievaluasi berdasarkan fungsi evaluasi fitness function. Pada algoritma genetika fitness biasanya dapat berupa fungsi objektif dari masalah yang akan diptimalisasi.

Kromosom kromosom diseleksi menurut nilai fitnes masing masing. Kromosom yang kuat mempunyai kemungkinan tinggi untuk bertahan hidup pada generasi berikutnya, tetapi tidak menutup kemungkinan juga kromosom yang lemah untuk tetap bertahan hidup. Proses seleksi tersebut kemudian ditentukan oleh kromosom kromosom yang terpilih. Dari semua proses diatas maka terbentuklah suatu generasi baru yang akan diulangi terus menerus sehingga mencapai suatu konvergensi yaitu sebanyak generasi yang diinginkan
Pengertian dan Konsep Dasar Algoritma Genetika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email