Pemanfaatan Aplikasi Elektronika Daya di Berbagai Bidang

Nah, setelah kita mempelajari PENGERTIAN & KONSEP DASAR ELEKTRONIKA DAYA  Sekarang kita akan belajar mengenai Pemanfaatan Aplikasinya.

1. Pada Sistem Elektronik
Sistem  elektronika  merupakan  dasar  utama  pada  aplikasi  elektronika  daya. Sistem elektronika akan membahas tentang peralatan elektronika yang terdiri dari semikonduktor dan komponen lainnya dalam suatu rangkaian elektronika. Untuk mempelejari elektronika daya diperlukan pemahaman terhadap materi rangkaian elektronika baik analog maupun digital.

2. Sistem Tenaga Listrik | Electrical Power
Objek utama dalam apliksasi elektronika daya adalah peralatan dan sistem yang memiliki daya (tegangan dan arus) listrik yang cukup besar. Oleh karena itu untuk lebih memahami elektronika daya diperlukan pemahaman yang baik terhadap sistem tenaga listrik.  Besaran-besaran  listrik  baik  AC  maupun  DC  perlu  difahami  dengan  baik. Besaran listrik seperti tegangan (V), arus listrik (I), daya listrik (P), faktor daya listrik (Cos pi), Efisiensi, harmonik dan besaran-besaran listrik lainnya.

3. Sistem Kendali Industri
Aplikasi  elektronika  daya  pada  umumnya  untuk  melakukan  pengontrolan aplikasi di industri. Oleh karena itu diperlukan pemahaman yang baik terhadap teknik dan sistem kontrol berbagai peralatan yang digunakan di industri. Contoh pengaturan yang paling sering ditemui adalah pengaturan kecepatan putar motor listrik, pengaturan torsi motor listrik, pengaturan kecepatan aliran (flow) minyak, gas, pengaturan temperature, pengaturan tekanan, pengaturan kecepatan conveyor, pengaturan gerakan peralatan di industri dan pengaturan-pengaturan parameter lainnya.

Dalam kendali industri yang mempunyai plant plant besar yang harus dikontrol secara realtime maka digunakan sistem kendali terdistribusi seperti SCADA.


4. Sistem Komputer
Sistem komputer dalam beroperasinya juga membutuhkan sumber daya dari power supply disinilah peran elektronika daya. Aplikasi industri sekarang ini kebanyakan sudah terintegrasi dengan sistem komputer. Untuk melakukan pengaturan berbagai peralatan di industri dilakukan secara remote dan hasilnya dapat dimonitor dengan tampilan yang terintegrasi dengan database yang dioleh dalam komputer.

postingan selanjutnya akan dibahas FUNGSI KOMPONEN SEMIKONDUKTRO DALAM SISTEM ELEKTRONIKA DAYA
Pemanfaatan Aplikasi Elektronika Daya di Berbagai Bidang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email