Jenis Jenis Software Perangkat lunak

Setiap kita menggunakan komputer tentunya selalu menngunakan berbagai jenis software untuk membantu pekerjaan kita, 

Apa itu Software ?
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Jenis Jenis Software


1.    OS (Operating System) | Sistem Operasi

adalah software yang pertama kali harus di instal ke komputer.Sedangkan fungsi dari OS, yaitu mengelola hardware dan sofware yang ada pada komputer.OS ini juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah tersebut akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke hardware. Misalnya, kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke Printer.
Contoh OS antara lain; DOS, Windows, Macintosh, Linux dll. Setiap masing-masing OS mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun saat ini OS Windows masih paling banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahan dalam mengoperasikan dan perawatan.

2.    Aplikasi atau Program Software ini dibuat untuk tujuan tertentu.
 Maksud lain penciptaan software ini adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang membantu pekerjaan manusia.

Aplikasi dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya.:
a. Pengolah kata Aplikasi ini digunakan untuk membuat dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Word, Open Office Org. Writer dsb.

b. Pengolah angka Aplikasi ini digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk tabel dan grafik. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Excel, Open Office Org. Calc, Lotus dsb.

c. Pengolah presentasi Aplikasi ini digunakan untuk membuat presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Power Point, Open Office Org. Impress, Macromedia Flash MX dsb.

d. Pengolah gambar Aplikasi ini digunakan untuk mengolah gambar dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain; Corel Draw, Adobe Potoshop dsb.

e. dan lain-lain.
Dalam aplikasi ada istilah Paket Program. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan sebuah aplikasi yang terdiri dari beberapa aplikasi. Contohnya; Microsoft Office yang terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access dsb. Perlu diketahui juga bahwa sebuah aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau hanya mendukung OS tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa di-instal di OS Windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di beberapa OS seperti aplikasi Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows maupun Linux.

3.    Bahasa Pemograman
Software ini digunakan untuk membuat aplikasi. Pengguna aplikasi ini biasa disebut dengan Programer. Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; Bahasa Assembly, Bahasa Fortran dan Bahasa Generasi Keempat. Bahasa pemograman yang digunakan saat ini adalah bahasa tingkat tinggi atau bahasa generasi ke empat. Bahasa jenis ini lebih mudah dipahami, karena menggunakan bahasa manusia seperti bahasa inggis. Contoh software ini, al; Visual Basic, Visual Foxpro, Java dsb.


Apa perbedaan Freeware dan Shareware ?

Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) . Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain. Dan pemabagian software gratis antara lain :

1.    Freeware

Freeware adalah konten yang didistribusikan secara bebas oleh penciptanya dan tanpa biaya untuk mendownloadnya atau gratis, namun masih memiliki batasan hak penciptanya. Konten Freeware itu isinya beragam, ada yang berupa aplikasi(software), dokumen (ebook,dokumen word), source code, engine web (wordpress, CMS, PHPBB).
Para pengembang freeware seringkali membuat freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Kadang jika para programer memutuskan untuk berhenti mengembangkan sebuah produk freeware, mereka akan memberikan kode sumbernya kepada programer lain atau mengedarkan kode sumber tersebut kepada umum sebagai perangkat lunak bebas.
Contoh freeware yang terdapat saat ini yaitu:
a)    Kingsoft adalah perusahaan berbasis di Hong Kong dan banyak orang menyebut Kingsoft Office Suite sebagai tiruan Microsoft Office. Kingsoft Office versi pro bahkan terlihat seperti interface Office 2010 dan karena itulah Anda tidak akan menemukan kesulitan mengoperasikannya. karena Kingsoft Office Suite juga cukup powerful dalam membantu Anda mengerjakan berbagai dokumen seperti pada Microsoft Office. Kingsoft Office Suite 2012 kompatibel dengan Microsoft Word, Excel dan Power Point. Software ini juga memiliki keunggulan yang bahkan tidak ada pada Microsoft Office 2013, berupa tabbed interface untuk beralih antar dokumen.

b)    KMPlayer adalah sebuah software pemutar file audio dan video yang mendukung banyak codec dan juga format file. Hal ini dikarenakan hampir semua codec dimiliki oleh KMPlayer ini untuk memainkan file audio dan video seperti misalnya VCD, DVD, AVI, MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, WMV, RealMedia, QuickTime dan banyak lagi format file lainnya yang dapat diputar oleh KMPlayer. Sehingga dengan adanya KMPlayer di PC, maka akan memudahkan pengguna dalam memainkan file audio dan video tanpa bingung harus menginstall codec-codec yang diperlukan.
Berikut adala kelebihan yang dimiliki oleh KMPlayer:
a)    KMPlayer termasuk freeware / gratis
b)    Kualitas output file audio dan video yang sangat bagus.
c)    Mendukung berbagai jenis file audio, DVD dan file video.
d)    Mendukung banyak sekali codec sehingga tidak perlu menginstall codec lagi.
e)    Dapat memainkan file SWF.
f)    Banyak pilihan skin yang lucu dan dapat didownload secara gratis.
g)    Dapat memilih konfigurasi dan dapat mengkustomisasi. Antivir

c)    Deep Freeze
Deep Freeze merupakan salah satu program aplikasi dimana fungsinya untuk memprotek sebuah PC dari berbagai macam kemungkinan yang akan terjadi. Deep Freeze, oleh Faronics, adalah aplikasi suite untuk Linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows. Software semacam ini sangat cocok dan dianjurkan untuk PC laborturium atau warnet atau PC umum yang memang dipakai oleh beberapa user yang berkarakter beda-beda.
d)    PC Tools AntiVirus Free
PC Tools AntiVirus Free merupakan antivirus penuh dan paket antispyware yang dirancang untuk melindungi dari virus yang dikenal, worm, Trojan serta mempertahankan terhadap spyware, adware, bots, keyloggers, dan malware lainnya. Memperingatkan Anda tentang situs yang tidak aman. Dan Monitor malware secara real-time.

2.    Shareware
Shareware adalah Program / aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis dan dapat digunakan oleh pengguna secara bebas tetapi biasanya pembuat program mengharapkan kontribusi dari pengguna programnya. Biasanya aplikasi ini mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan).
Tujuan dari publikasi shareware adalah untuk berbagi fungsi dan keunggulan perangkat lunak itu kepada konsumen sehingga konsumen bisa berkesempatan untuk mencoba secara langsung perangkat lunak tersebut, untuk kemudian memutuskan tidak lagi memakai software tersebut atau membeli versi penuhnya.
Adapun contoh-contoh dari aplikasi shareware yaitu:

a)    StyleXP
Memungkinkan pengguna untuk memperluas fitur kostomisasi windows XP dan memberikan pada pengguna kekuatan menginstal tema baru.
b)    Window Blinds
Merupakan tool yang berfungsi untuk membuka file extention.wba. WindowBlind adalah utilitas perangkat lunak yang memungkinkan anda untuk benar-benar mengubah tampilan dan nuansa dari Microsof Windows.
c)    WinRAR
Merupakan salah satu pemrograman yang cukup populer dalam bidang pemrosesan data. Dengan program ini kita dapat mengompres file-file apa saja.

3.    Commercial
Program / aplikasi yang biasa digunakan oleh pengguna pada umumnya. Biasanya dikemas dalam sebuah box (kotak) yang berisi CDRom/Disket dan buku panduan. Untuk dapat menggunakan program ini pengguna harus membelinya.

4.    Open Source
Jika diartikan menurut arti kata, Open Source dalam bahasa Indonesia berarti Kode Terbuka. Kode yang dimaksud disini bukanlah kode morse, ataupun kode barang, tetapi yang kode yang dimaksud disini adalah Kode Program. Kode Program yang dimaksud adalah perintah – perintah yang diketikkan berdasarkan logika yang benar.

Suatu program dengan lisensi Open Source berarti program tersebut membuka Kode Programnya bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya, caranya dengan menyertakan kode program bersama dengan distribusi paket program yang sudah jadi (hasil kompilasi). Dengan penyertaan kode program tersebut, pembeli atau pengguna program dapat membedah program tersebut, melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhannya, bahkan memperbaiki -Bug- atau kesalahan logika dalam program tersebut. Contoh program yang Open Source adalah Linux.

 Dalam setiap distribusinya vendor Linux juga menyertakan Kode Program Linux.
Satu hal yang perlu ditekankan adalah bahwa program / software yang Open Source tidak selalu tersedia secara gratis. Tetap ada biaya yang dikeluarkan untuk membeli program tersebut. Contoh, misalnya Sistem Operasi RedHat Linux, program Linuxnya tetap dibeli dengan harga yang murah.

Tujuan Open Source sebenarnya adalah ingin menghilangkan ketergantungan terhadap vendor program, dimana vendor bisa saja bertindak seenaknya. Dalam program yang -Closed Source- vendor bisa saja menyisipkan kode – kode yang mungkin dapat membahayakan pengguna program, dan menghilangkan privasi pengguna.
Selain itu, Open Source juga bertujuan menyediakan software yang mudah dijangkau oleh masyarakat luas, dan menghindari pengerukan keuntungan yang berlebihan oleh vendor.

Contoh-contoh dari open sourse yaitu:
1)    Pidgin
Merupakan sofware open source untuk akses layanan olah pesan instan, berdasarkan dari sebuah perpustakaan yang bernama Libpurple.
2)    Inkscape
Adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL.
Jenis Jenis Software Perangkat lunak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email