Fungsi Komponen Semikonduktor dalam SIstem Elektronika Daya

Setelah Mempelajari Aplikasi Elektronika Daya sekarang kita akan belajar FUngsi komponen komponen semikonduktor dalam sistem ini.

Komponen semikonduktor merupakan hal yang sangat penting dalam sistem elektronika daya, komponen komponen inilah yang melakukan switcing, converting maupun inverting, serta berbagai fungsi lainnya dalam sistem elktronis.

Peralatan semikonduktor pada sistem elektronika daya mempunyai fungsi utama sebagai berikut:

1.   Switching

Fungsi utama semikonduktor pada aplikasi elektronika daya adalah sebagai saklar atau switching. Proses switching merupakan dasar dari materi pada elektronika daya sehingga perlu difahami dengan baik. Switching dilakukan secara elektronik dengan kecepatan tinggi yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Gambar dibawah ini menunjukan Switching dengan lebar pulsa 50 dan 12,5 %


2.   Converting

Fungsi  yang kedua dari  peralatan semikonduktor elektronika daya adalah untuk melakukan pengubahan atau converting dari tipe sumber. Konversi dapat dilakukan dari AC ke DC, AC ke AC, DC ke DC maupun dari DC ke AC. Proses pengubahan besaran meliputi pengubahab bentuk gelombang arus, tegangan maupun besaran lainnya.



3.   Controlling

Fungsi yang ketiga dari peralatan semikonduktor elektronika daya adalah untuk melakukan pengaturan aplikasi elektronika industri sesuai dengan yang diinginkan. Contoh pengaturan adalah pengaturan tegangan, pengaturan arus, pengaturan daya listrik dan pengaturan besaran-besaran lainnya. Dengan melakukan pengaturan besaran listrik akan berpengaruh pada sistem kerja pada sistem yang bekerja di industri seperti kecepatan putaran, tekanan, suhu, kecepatan gerak, dan sistem kerja lainnya.

Metode pengaturan lain yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan switching (saklar) pada sisi sumber sehingga bisa diatur nilai tegangan keluaran dengan mengatur duty cicle (siklus kerja) dari peralatan switching. Dengan metode seperti ini, maka tegangan keluaran dapat diatur tanpa menimbulkan panas karena pada saat tidak digunakan sumber dimatikan dan sumber akan dihidupkan jika dibutuhkan.

Fungsi Komponen Semikonduktor dalam SIstem Elektronika Daya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email