Cara Pengkodean dalam Algoritma Genetika

Apa itu pengkodean dalam AG ?

Pengkodean adalah suatu teknik untuk menyatakan populasi awal sebagai calon solusi suatu masalah kedalam suatu kromosom sebagai kunci pokok persoallan ketika menggunakan algoritma Genetika ( AG )

Berdasar jenis simbol yang digunakan sebagai suatu nilai gen, metode pengkodean dapat diklasifikasikan sbb:
1. Pengokdean Bilangan biner
2. pengkodean bilangan riil
3. bilangan bulat
4. struktur data

Mari kita bahas satu persatu,

1. Pengkodean biner memberikan banyak kemungkinan untuk kromosom walaupun dengan jumlah nilai nilai yang mungkin terjadi pada suatu gen yang sedikit ( 0 atau 1) --> ya namanya juga bilangan biner.

Di pihak lain pengkodean biner ini sering tidak sesuai untuk banyak masalah dan kadang pengoreksian harus dilakukan setelah operasi crossover dan mutasi.

3. Pengkodean Bilangan Riil adalah suatu pengkodean bilangan dalam bentuk riil. Masalah optimasi fungsi dan optimasi kendala lebih cepat jika diselesaikan dengan pengkodean bilangan riil karena struktur topologi ruang genotif untuk pengkodean bilangan riil identik dengan ruang fenotifnya, sehingga mudah membentuk operator genetika yang efektif dengan cara memakai teknik yang dapat digunakan yang bersasal dari metode konvensional.

3. Pengkodean Bilangan Bulat adalah metode yang mengkodekan bilangan dalam bentuk bilangan bulat. Pengkodean ini baik digunakan untuk masalah optimasi kombinatorial.

4. Pengkodean Struktur Data digunakan untuk masalah kehidupan yang lebih kompleks seperti perencanaan jalur robot dan masalah pewarnaan grap.
Cara Pengkodean dalam Algoritma Genetika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email