Pencarian Mendalam dalam Kecerdasan Buatan

Stelah kita belajar tentang Teknik Dasar Pencarian dalam AI, sekarang akan dibahas strategi pencarian yang lebih mendalam. Pencarian boleh jadi merupakan hasil dari suatu solusi atau ruang keadaan yang mungkin telah terkunjungi semua, tetapi tanpa ada penyelesaian. Pencarian yang mendalam mungkin dilakukan dengan menggunakan beberapa strategi yang akan kita bahas.

1. Strategi Breadth First Search
Prosedur Breadth First Search adalah pencarian yang dilakukan dengan mengunjungi tiap tiap node secara sistematis pada setiap level hingga keadaan tujuan ditemukan. Penelususran yang dilakukan dengan mengunjungi node node pada level yang sama hingga ditemukan tujuan (goal state) nya.

algoritma yang melakukan pencarian secara melebar yang mengunjungi simpul secara preorder yaitu mengunjungi suatu simpul kemudian mengunjungi semua simpul yang bertetangga dengan simpul tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya, simpul yang belum dikunjungi dan bertetangga dengan simpul-simpul yang tadi dikunjungi, demikian seterusnya. algoritma BFS menggunakan graf sebagai media representasi persoalan, tidak sulit untuk mengaplikasikan algoritma ini dalam persoalan-persoalan teori graf.


2. Strategi Dept First Search

Pencarian dengan metode ini dilakukan dari node awal secara mendalam hingga paling akhir atau sampai ditemukan. Simpul cabang atau anak cabang yang terlebih dahulu dikunjungi . Proses pencarian dilakukan dengan mengunjungi cabang terlebih dahulu hingga tiba simpul terakhir. Jika tujuan belum tercapai maka pencarian dilanjutkan ke cabang sebelumnya, turun ke bawah bila memang masih ada cabangnya hingga diperoleh tujuan akhirnya. Operasi ini dikenal dengan sebutan backtracking.



nah dari dua metode diatas kita bisa melihat perbedaan dasar dalam pencariannya.
Pencarian Mendalam dalam Kecerdasan Buatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email