Planning | Perencanaan dalam Lembaga Pendidikan

Setelah kita mengetahui pentingnya Manajemen Pengelolaan Pendidikan yang baik, kali ini akan dibahas mengenai dasar perencanaanya.


Dalam pandangan kedepan suatu lembaga / organisasi terutaman dalam hal pendidikan pasti melakukan perencanaan dan pengembangan organisasi, penting untuk menjembatani masa kini dan masa depan yang meningkatkan kemungkinan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Perencanaan merupakan proses menentukan apa yang seharusnya dicapai dan bagaimana mewujudkannya dalam kenyataan. Perencanaan amat penting untuk implementasi strategi dan evaluasi strategi yang berhasil, terutama karena aktivitas pengorganisasian, pemotivasian, penunjukkan staff, dan pengendalian tergantung pada perencanaan yang baik .

Dalam dinamika masyarakat, organisasi beradaptasi kepada tuntunan perubahan melalui perencanaan. Menurut Johnson (1973) bahwa: “The planning process can be considered as the vehicle for accomplishment of system change”. Tanpa perencanaan sistem tersebut tak dapat berubah dan tidak dapat menyesuaikan diri dengan kekuatan-kekuatan lingkungan yang berbeda. Dalam sistem terbuka, perubahan dalam sistem terjadi apabila kekuatan lingkungan menghendaki atau menuntut bahwa suatu keseimbangan baru perlu diciptakan dalam organisasi tergantung pada rasionalitas pembuat keputusan. Bagi sistem sosial, satu-satunya wahana untuk perubahan inovasi dan kesanggupan menyesuaikan diri ialah pengambilan keputusan manusia dan proses perencanaan. 

Dalam konteks lembaga pendidikan, untuk menyusun kegiatan lembaga pendidikan, diperlukan data yang banyak dan valid, pertimbangan dan pemikiran oleh sejumlah orang yang berkaitan dengan hal yang direncanakan. Oleh karena itu kegiatan perencanaan sebaiknya melibatkan setiap unsur lembaga pendidikan tersebut dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. 

Menurut Rusyan (1992) ada beberapa hal yang penting dilaksanakan terus menerus dalam manajemen pendidikan sebagai implementasi perencanaan, diantaranya:

> Merinci tujuan dan menerangkan kepada setiap pegawai/personil lembaga pendidikan.
> Menerangkan atau menjelaskan mengapa unit organisasi diadakan.
> Menentukan tugas dan fungsi, mengadakan pembagian dan pengelompokkan tugas terhadap masing-        masing personil.
> Menetapkan kebijaksanaan umum, metode, prosedur dan petunjuk pelaksanaan lainnya.
> Mempersiapkan uraian jabatan dan merumuskan rencana/sekala pengkajian.
> Memilih para staf (pelaksana), administrator dan melakukan pengawasan.
> Merumuskan jadwal pelaksanaan, pembakuan hasil kerja (kinerja), pola pengisian staf dan formulir l  aporan pengajuan.
> Menentukan keperluan tenaga kerja, biaya (uang) material dan tempat.
> Menyiapkan anggaran dan mengamankan dana. 
> Menghemat ruangan dan alat-alat perlengkapan.

Mari kita perhatikan bagan Hierarki perencanaan dibawah ini :



Planning | Perencanaan dalam Lembaga Pendidikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email