Pengertian Bahan Superkonduktor

Apa itu bahan superkonduktor?
Bahan superkonduktor merupakan bahan yang pada suhu tertentu (sangat rendah) tahanannya mendekati nol sehingga apabila dialiri arus listrik akan terus mengalir dengan tidak usah ditambah tenaga lagi.

Bahan konduktor yang dijumpai sehari hari selalu mempunyai resistifitas atau hambatan dalam yang akan mencapai harga nol pada suhu kritis. Dewasa ini dikembangkan usaha untuk mencapai suhu kritis bahan bahan untuk dijadikan superkonduktor. Diamping itu medan magnet pada superkonduktor adalah lebih kecil dibandingkan medan kritis.

Penemuan superkonduktor merupakan perkembangan ilmu fisika modern, yaitu kriogenika yang merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari kelakuan zat zat / bahan bahan dalam keadaan suhu yang sangan rendah.

Dengan penemuan superkonduktor ini mendorong perkembangan teknologi elektronika khusunya, dan kelistrikan umumnya. Superkonduktor ini melukiskan gejala resistansi sangat rendah dalam konduktifitas listrik pada suhu rendah. Salah satu cara yang sudah diketahui untuk menurunkan resistifitas kawat dan konduktor lain terhadap arus listrik ialah menggunakan kawat dan kabel yang lebih besar.

Terdapat 2 jenis superkonduktor yaitu :
Jenis 1 termasuk Pb, Ag dan Sn. yang menyalurkan arus pada permukaannya sampai kedalaman 10-4 mm pada medan magnet hingga setinggi tingginya adalah kuat medan magnet Nb dan Paduan Pb.

Jenis 2, jika medan magnetnya mencapai medan kritis dan suhu kritis relatif, keadaan superkonduktor tidak langsung berubah menjadi konduktor normal tetapi menjadi bahan yang merupakan peralihan atau dari superkonduktor menjadi normal.

Pada jenis 1 yang menghantarkan arus tetap menimbulkan medan magnet tanpa kerugian karena medan listriknya disemua tempat adalah nol. sedangkan jenis 2 dalam keadaan yang sama akan menimbulkan kerugian yang sangat kecil dan dapat diabaikan.
Pengertian Bahan Superkonduktor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email