Mikrokontroller ATMEGA8

kali ini kita akan membahas mikrokontroller keluarga AVR yang dikhsuskan disini akan dibahas mengenai ATMEGA8,
Bagi teman teman yang elektronika pasti sudah tau, namun kali ini saya membantu teman teman yang masih belajar mikrokontroller,
ATMEGA8 termasuk mikrokontroller yang mempunyai lebar data 8 bit,hemat energi dan memiliki kinerja tinggi dengan kecepatan clocknya mampu mencapai 16MHz. memori untuk menyimpan program PEROM berkapasitas 8 kilobyte. mempunyai SRAM 1 kb, memori untuk penyimpanan data permanen EEPROM berkapasitas 512 byte,


Modul modul internal ATMEGA8 yaitu :
2 buah Time/Counter 8 bit, 1 buah Tim/ COunter 16 bit, RTC dengan sumber clock terpisah, 3 chanel PWM, 6 Chanel ADC, sebuah TWI, USART, SPI, watchdog timer dan Analog komparator.

Fitur khusus:
Power on reset, brown out detector, osilator RC internal, sumber interupsi internal eksternal dan lima buah mode sleep. ATmega8 memiliki 23 pin I/O yang dikemas dalam tiga macam bentuk IC yaitu 28 pin PDIP, 32 pin TQFP dan 32 pad QFN/MLF.

Hardware Mikrokontroller  ATmega8

pin ATmega8

perhatikan gambar diatas, setiap PIn I/O dilengkapi fungsi alternatif, contohnya pin23 berlabel PC0 (ADC0) selain dapat difungsikan sebagai pin input output PC0 juga dapat difungsikan sebagai channel ADC ke0, contoh lain pin3 berlabel TXDjuga dapat digunakan untuk mengirimkan data secara serial melalui modul USART.  Fungsi mana yang akan digunakan dengan cara menggeser register register AVR lewat program yang kita buat.

Selengkapnya mengenai spesifikasi teknis nya dapat didownload datasheet nya DISINI 

Untuk membuat sistem minimumnya dapat dirangkai seperti gambar dibawah



Apa itu sistem minimum?
intinya sistem minimum adalah rangkaian elektronik minimum untuk berfungsinya mikrokontroller.


Mikrokontroller ATMEGA8 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email