Membuat Sendiri Downloader Mikrokontroller AVR

Nah, bagi anda yang akan membuat sendiri downloader mikrokontroller AVR keluaran ATMEL, berikut ada contoh downloader yang bisa dibuat.

1. Downloader Serial Melalui Port Paralel LPT

Agar bisa menggunakan downloader jenis ini, komputer anda harus memiliki port paralel LPT. Jika komputer anda tidak memiliki port paralel LPT maka dapat diganti dengan menggunakan konverter USB to LPT . turitorialnya bisa dilihat di www.serasidis.gr/circuits/avrprog/avrprog.htm. Hardware ini menggunakan software downloader ICprog yang bisa anda download di web tersebut.

Untuk memprogram beberapa Unit mikrokontroler AVR (MCU) Anda akan membutuhkan programmer AVR. Cara yang lebih baik untuk melakukan itu, adalah untuk membeli beberapa kit pengembangan seperti STK-500 . Kit ini memiliki advandage untuk memberikan port serial, konektor LCD, SRAM soket, 8 switch, 8 LED, connectrors untuk semua pelabuhan MCU dan lebih, untuk satu papan. Aku sugest untuk beginers, untuk mulai bekerja dengan STK 500 atau sistem developmert lain, itu cukup membantu.

2. Downloader Serial melalui Port Serial COM

Agar bisa menggunakan downloader jenis ini, komputer yang digunakan harus memiliki port serial COM atau menggunakan converter USB to RS232. Anda bisa mempelajari turitorial di website http://electronics-diy.com/avr_programmer.php .


Untuk dapat mengirim file hex dari komputer ke mikrokontroler AVR Anda perlu men-download dan menginstal PonyProg2000 . Setelah instalasi, hal pertama yang Anda perlu lakukan adalah mengkonfigurasi PonyProg untuk bekerja dengan AVR Programmer kami. Untuk melakukan ini, pergi ke "Setup" menu dan pilih "Interface Setup". Daerah jendela berikut akan ditampilkan dan disorot menunjukkan dengan tepat opsi yang harus dipilih.

Jika downloader yang digunakan bukan AVR ISP mkII agar penulisan kode hexadecimal ke PEROM dalam AVR dapat dilakukan secara langsung menggunakan software downloader yang ada dalam AVR studio 4, dan perlu dibuat downloader serial COM AVR910. Software downloader ini dapat dijalankan melalui menu Tools --> AVR prog, baca turitorialnya dalam file doc0943.pdf kemudian tuliskan file hexadecimal ke dalam file AVR910.zip ke dalam PEROM AVR yang akan dijadikan downloader yang telah anda buat sebelumnya.




Membuat Sendiri Downloader Mikrokontroller AVR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email