Manajemen Pengelolaan Pendidikan

Kita ketahui bahwa pendidikan merupakan tonggak kemajuan dari generasi bangsa, oleh karena itu diperlukan sistem pengelollaan yang tepat agar mampu memaksimalkan sumber daya yang ada serta menjalankan seluruh komponen pendidikan dengan baik untuk tercapainya tujuan.


Bagaiaman memanajemen pendidikan yang baik ?
Kita semua harus peka melihat kondisi global yang bergulir dan peluang masa depan menjadi modal utama untuk mengadakan perubahan serta perbaikan paradigma dalam manajemen pendidikan. Modal ini akan dapat menjadi pijakan yang kuat untuk mengembangkan pendidikan. Dalam hal ini diperlukan berbagai komitmen untuk perbaikan kualitas. Ketika melihat peluang, dan peluang itu dijadikan modal, kemudian modal menjadi pijakan untuk mengembangkan pendidikan yang disertai komitmen yang tinggi, maka secara otomatis akan terjadi sebuah efek positif dalam pengelolaan organisasi, strategi, SDM, pendidikan dan pengajaran, biaya, serta marketing pendidikan.


Untuk menuju pembenahan secara menyeluruh, maka manajemen pendidikan adalah hal yang harus diprioritaskan untuk kelangsungan pendidikan sehingga menghasilkan output yang diinginkan. Walaupun masih terdapat institusi pendidikan yang belum memiliki manajemen yang bagus dalam pengelolaan pendidikannya. Manajemen yang digunakan masih konvensional, sehingga kurang bisa menjawab tantangan zaman dan terkesan tertinggal dari modernitas.

Jika manajemen pendidikan sudah tertata dengan baik dan membumi, niscaya tidak akan lagi terdengar tentang pelayanan sekolah yang buruk, minimnya profesionalisme tenaga pengajar, sarana-prasarana tidak memadai, pungutan liar, hingga kekerasan dalam pendidikan. Manajemen dalam suatu organisasi pada dasarnya dimaksudkan sebagai suatu proses (aktivitas) penentuan dan pencapaian tujuan organisasi melalui pelaksanaan empat fungsi dasar: planning, organizing, actuating, dan controlling dalam penggunaan sumberdaya organisasi. Karena itulah, aplikasi manajemen organisasi hakikatnya adalah juga amal perbuatan SDM organisasi yang bersangkutan.

Mari dukung kemajuan pendidikan untuk kemajuan bangsa.

Semoga bermanfaat



Manajemen Pengelolaan Pendidikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

1 comment:

Anonymous said...

pendidikan memang harus dimanajemen dengan baik agar menghasilkan siswa didik yang kompeten

Berlangganan Via Email